Tarian Nusantara Meriahkan Pembukaan Harjad HSU 67

AMUNTAI, Kalselpos.com – Puluhan penari meriahkan Puncak Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ke 67 tahun 2019. Peringatan begitu meriah dengan iringan tarian Nusantara yang dibawakan anak dan remaja di HSU serta iringan Yayasan Sanggar Air HSU binaan Dra. Hj.Anisah Rasyidah Wahid, Selasa (30/4).

Koordinator Latihan Hendra Royadi Saina mengatakan, Tari Nusantara ini bentuk Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam dan terbagi atas kebudayaan Nasional juga daerah.

Bacaan Lainnya

“Latihan kami memerluka waktu selama 3 bulan, karena berbagai macam tari ditampilkan seperti dari wilayah, Kalimantan, Jawa dan Bali serta Aceh dan lainnya. Dengan jumlah sebanyak 50 orang tim,” terang Hendra yang juga Ketua Yayasan Sanggar Air HSU.

Baca Juga ==>Lomba Kreasi Menu Masakan Ikan Meriahkan Harjad ke 16 Tanbu

Kebudayaan nasional sebagai unsur pemersatu bangsa, sedangkan kebudayaan daerah berasal dari daerah sendiri. Gerakan tari Nusantara memiliki intisari tari-tarian daerah yang keunikan gerak, bentuk penyajian, irama musik penggiring, serta rias dan busana yang berbeda antar daerah satu dengan lainnya.

“Tari ini terinsprirasi melihat kondisi Indonesia yang saat ini yang dirasa agak kacau. Dengan tarian ini mengartikan bahwa kita satu nusa satu bangsa dan satu bahasa. Sehingga kita sama-sama menjaga Indonesia yang penuh aneka ragam ini,” ucap hendra.

Kabupaten HSU yang kini berusia 67 tahun memeriahkan puncak hari jadi di Lapangan pahlawan Kota Amuntai. Dihadiri Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor di dampingi Bupati HSU H. Abdul Wahid HK, MM.M.Si dan Wakilnya H. Husairi Abdi, Lc.

Penulis: adiyat
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait