Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan dikebut

oleh -556 views
Ilustrasi.Net

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Dengan membagi dua kelompok, proses rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 di tingkat kecamatan, diyakini dapat lebih cepat dilaksanakan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin Gusti Makmur mengungkapkan, pihaknya mengupayakan menpercepat rekapitulasi penghitungan suara yang berlangsung di tingkat kecamatan pasca Pemilu 17 April 2019.

“Caranya, dengan membuka dua kelompok atau dua tempat rekapitulasi di setiap kecamatan untuk menghitung surat suara Pileg dan Pilpres,” ujar Gusti Makmur, Senin (22/4) kepada wartawan.

Sehingga jelasnya, dengan cara tersebut maka rekapitulasi perhitungan suara bisa dilakukan langsung bagi dua kelurahan bagi tiap kecamatan.

Pihaknya menargetkan satu minggu ke depan, proses rekapitulasi semua surat suara yang ada di lima kecamatan di kota ini dapat selesai. Sehingga bisa diplenokan, dan kemudian digelar lagi rekapitulasi di tingkat selanjutnya.

“Meski dilakukan dengan cara demikian, tetap ketelitian dan data akurat harus dilakukan, masyarakat dan pengawas serta saksi dari partai dan lainnya harus ikut mengawasi dengan cermat,” papar Gusti Makmur.

Dia mengungkapkan, untuk rata-rata rekapitulasi surat suara saat ini yang sudah selesai di tingkat kecamatan sekitar dua kelurahan, ini akan dilakukan secara berjenjang hingga selesai sesuai target.

“Kita yakin dengan kerja keras semua petugas yang hampir tidak mengenal waktu bekerja, target secepatnya selesai bisa terpenuhi,” paparnya.

Diungkapkan dia, pelaksanaan rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan sejauh ini tidak mengalami kendala yang cukup berat, sehingga dapat berjalan dengan lancar.

“Terkait hasilnya siapa-siapa yang menang baik tingkat Pileg maupun Pilpres, kita belum bisa menyampaikan, sebab proses rekapitulasi masih berlangsung,” tuturnya.

Pemilu 2019 di Kota Banjarmasin diikuti 400 ribu lebih daftar pemilih di lima kecamatan dan 52 kelurahan. Adapun jumlah TPS sebanyak 1.870 titik.

Penulis: Aspihan
Penanggung Jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider