Realisasi Sport Center cuma Serap Rp800 Juta

oleh -457 views
DENGAR PENDAPAT – Sejumlah anggota Komisi IV DPRD Kalsel melakukan rapat dengar pendapat bersama jajaran Dispora Kalsel.(sidik alfonso)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Program Pembangunan dan Peningkatan Sarana dan Prasarana Olahraga, yaitu kegiatan pembebasan lahan sport center batal dilaksanakan, karena Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel mengaku di Tahun Anggaran 2018 terjadi kendala teknis.

Sementara yang dilaksanakan di perubahan melalui APBD-P tahun yang sama, hanya untuk pengukuran lahan oleh Tim Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sedangkan pagu dana TA 2018 sebesar Rp42.081.454.508, serapan dananya cuma Rp800 juta, sehingga realisasi keuangannya hanya 1,90 % dan realisasi fisiknya 0,00 persen.

Hal ini terungkap dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Dispora Kalsel dengan Komisi IV DPRD Kalsel, Kamis (11/4) di ruang rapat Gedung B DPRD Kalsel, di Banjarmasin.

Kepala Dispora Kalsel H Hermansyah, mengatakan batalnya kegiatan pembangunan gedung fasilitas olahraga pencak silat, karena terkait masalah teknis, yaitu terkendala lahan.

Dari salah satu paparan yang disampaikan Kadispora Hermansyah itu, khususnya soal pembebasan lahan sport center tersebut mendapat tanggapan anggota Komisi IV. Menurut KH Abdul Syukur Al Hamidy, ini patut dicermati dan perlu kehati-hatian, jangan sampai masuk ke ranah penyidikan, apalagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) punya mata dan telinga bahkan bisa melakukan penyadapan.

Senada juga diingatkan kolega beliau, yaitu HM Lutfi Saifuddin yang meminta dinas terkait ini agar lebih berhati-hati dengan program pembebasan lahan sport center ini jangan sampai di telisik aparat hukum. “Intinya akan kita dituntaskan secepatnya,” ujarnya, kepada wartawan.

Terkait minimnya serapan dana cuma Rp 800 juta di tahun 2018 kemarin dari pagu anggaran Rp42 miliar lebih, Hermansyah menyatakan waktu itu ia belum menjabat Kadispora Kalsel.

“Kan saya belum disini (Dispora Kalsel, red), itu ada kegiatan beberapa pengukuran saja,” terang mantan kepala Dinas Pasar Kota Banjarmasin ini.

Hermansyah menegaskan, masih melakukan kajian atas lahan sport center itu, termasuk titik lokasinya apakah tetap atau nantinya akan di pindah.

“Jadi kita masih lakukan  kajian atas lahan sport center tersebut,” tutup Hermansyah.

Penulis : Sidik
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider