Pemilu Serentak jadi sorotan Dunia Internasional

AKBP Dostan Matheus Siregar SIK

MUARA TEWEH, Kalselpos.com – Pemilu serentak tahun 2019 ini, merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah, karena dilaksanakan secara serentak dari lima jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

Adapun kelima pemilihan serentak tersebut diantaranya Pemilihan Legislatif (Pileg) yakni anggota DPRD kabupaten/kota, anggota DPR provinsi, anggota DPR RI, anggota DPD dan Pemilihan Presiden (Pilpres), yang dilaksanakan secara serentak pada hari yang sama, 17 April 2019.

Bacaan Lainnya

“Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional, terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegrasi dalam rangka memilih pemimpin nasional,” kata Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar SIK, baru-baru ini di Muara Teweh.

Dikatakannya, sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. “Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada,” jelasnya.

Akan tetapi kata Dostan Matheus, juga pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan. Tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara pemilu.

“Semuanya sangat menentukan suksesnya keberlangsungan Pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” tegas Kapolres Barito Utara.

Penulis:Asli
Editor: Aspihan
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait