Pembangunan Museum Kota masuk Tahap DED

oleh -312 views
PUSAKA – Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, melihat sejumlah koleksi barang antik dan pusaka, di rumah yang akan dijadikan museum.(istimewa)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Keinginan masyarakat Kota Banjarmasin untuk memiliki museum sendiri, tak lama lagi bakal benar-benar diwujudkan Pemko Banjarmasin. Persiapan pembangunan museum khas kota berjuluk seribu sungai itu kini telah dilakukan Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin.

Hal tersebut terungkap saat rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Berintegrasi, Balai Kota Banjarmasin, Selasa (16/04).

Menurut Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ihksan Alhaq, rencana pembangunan tempat bersejarah itu saat ini masuk dalam tahap penyusunan kerangka acuan yang akan digunakan sebagai dasar dalam pembuatan Detail Enginering Desain (DED).  

“Rapat hari ini ingin mendapatkan masukan yang sebanyak-banyaknya buat nanti menyusun kerangka acuan kerja, yang nanti mewarnai di dalam DED,” ujarnya, saat memimpin rapat tersebut.

Terkait desain dari gedung museum yang akan dibangun nanti, Ikhsan mengaku masih perlu mendapat masukan dari berbagai pihak.

Hal untuk menyikapi bangunan rumah warga yang akan direnovasi menjadi museum. “Ini juga menjadi masukan kita, bagaimana kita menyikapi rumah tersebut, kalau untuk sebagai cagar budaya tentu kita akan pelajari lebih seksama lagi dan melihat juga sejarahnya,” katanya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan pembebasan lahan kawasan Siring Teluk Kelayan beberapa waktu lalu, Pemko Banjarmasin memutuskan sebuah rumah bernomor 389, milik warga bernama H Basirun, tidak dirobohkan karena rumah tersebut diperkirakan sudah berumur lebih dari seratus tahun, dan dinilai sangat cocok untuk dijadikan bangunan museum sejarah Kota Banjarmasin.

Tak hanya mengandalkan keunikan bangunannya saja, museum itu rencanannya juga akan dilengkapi dengan benda-benda pusaka.

Penulis : Fudail/Rel
Editor : A. Syaufi
Penanggungjawab:SALingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider