Optimalkan Serapan Anggaran, Kalsel mampu jadi Penyandang Pangan Nasional

oleh -350 views
Suparno

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Target capaian sektor pangan terutama beras sebesar 200 ton yang di emban provinsi Kalsel tercapai 100 Persen, dan untuk serapan anggaran terserap lebih 91 Persen. Artinya pemanfaatan pendanaan sepadan dengan hasil yang di dapat di tahun 2018 lalu.

“Capaian ini merupakan hasil kerja keras Kalsel salah satu penyandang pangan nasional,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, Suparno kepada wartawan disela-sela rapat LKPJ dengan Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Senin (1/4).

Dikatakannya, pada pembahasan rapat dengan Komisi II, di bahas berhasil atau tidaknya program kerja ketahanan pangan di tahun lalu.

Baca Juga ==>Kader Posyandu ikuti Pelatihan Olahan Pangan

Meski program berjalan baik dengan capaian target namun ada kendala di lapangan dalam memberikan bantuan terutama sarana prasaran kepada para petani.

“Salahsatu hambatannya Gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang ada tidak memiliki badan hukum seperti yang disyaratkan sesuai ketentuan hukum,sehingga jika tidak ada badan hukum maka bantuan tidak bisa diberikan,” ungkapnya.

Akibatnya jelas Suparno, banyak kelompok tani swadaya ini tidak memiliki badan hukum itu, tidak dapat menerima penyaluran bantuan.

Lanjut Suparno, disektor ketahanan pangan ada 2 pokok daerah (pokda) yaitu kemandirian pangan dan keanekaragaman pangan, dan ada kenginan dari pemerintah guna mengurangi konsumsi beras itulah yang menjadi sasaran program tersebut.

Kemudian sepanjang tahun 2018 ada Gapoktan yang tidak memiliki badan hukum ketika menerima bantuan sarana prasarana sebanyak tiga unit harus dikembalikan dan akan di usulkan kembali di tahun 2019.

Baca Juga ==>Kader Posyandu ikuti Pelatihan Olahan Pangan

“Sambil mengurus badan hukum bagi kelompok tani misalnya UMKM maka fasilitas bisa diusulkan kembali,” terang Suparno.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider