Operasi Bibir Sumbing dan Katarak Gratis Warnai Peringatan Harjad Tanbu ke 16

oleh -307 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dalam rangka Hari Jadi nya yang ke-16 menggelar Bakti Sosial (Baksos) Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis bagi masyarakat Bumi Bersujud.

Kegiatan baksos yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Andi Abdurrahman Noor tersebut digelar selama tiga hari, dimulai sejak 9 hingga 11 April 2019.

Kegiatan baksos tersebut juga mendapat perhatian serius dari Sekda Tanbu, H. Rooswandi Salem. Didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj. Mulyawati Rooswandi, Sekda berkesempatan mengunjungi dan menyerahkan bingkisan dari pemerintah daerah kepada pasien operasi bibir sumbing.

Baca Juga ==>Peringatan Harjad Balangan Meriah

“Ini sebagai wujud perhatian pemerintah daerah terhadap masyarakat Tanah Bumbu yang Kurang mampu,” tutur Rooswandi disela-sela kegitan tersebut.

Menurutnya, dengan memberikan pelayanan operasi secara gratis, pemerintah daerah telah meringankan beban penderitaan mereka yang saat ini sangat membutuhkan bantuan biaya.

Selain itu, operasi bibir sumbing dan katarak tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas hidup warga masyarakat yang menderitanya, sehingga mereka dapat kembali menikmati kesehariannya dengan normal seperti warga lainya.

“Kegiatan ini adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung terciptanya masyarakat yang sehat agar mampu optimal melakukan kegiatan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, dr. Deky Atmadja, menyebutkan dari data yang disampaikan puskesmas, pihaknya telah menerima sebanyak 31 pasien penderita bibir sumbing. Namun yang belum dioperasi sebanyak 11 orang.

Baca Juga ==>Peringatan Harjad Balangan Meriah

“Dari hasil seleksi, kita hanya bisa melaksanakan operasi kepada 5 orang saja, sisanya tidak bisa dilakukan tindakan, karena alasan medis, belum cukup umur dan mengundurkan diri,” katanya, seraya menambahkan.

Sementara untuk operasi Katarak, pihaknya menerima 5 pasien pada program gratis kali ini, akan tetapi melalui program lain sudah ada 99 mata yang sudah dioperasi pada tahun 2018.

Disinggung mengenai persyaratan untuk mengikuti program operasi gratis ini, dr. Deky Atmadja menjelaskan beberapa syarat yang harus dipenuhi masyarakat.

Antara lain, warga masyarakat terlebih dahulu mendaftarkan pasien di puskesmas masing-masing, selanjutnya melampirkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) serta membuat pernyataan tidak mampu di puskesmas.

Setelah semua persyaratan tersebut dipenuhi, maka akan dilakukan pemeriksaan awal/skrining di puskesmas terdekat untuk memastikan pasien bisa memenuhi persyaratan medis, jelasnya.

Baca Juga ==>Peringatan Harjad Balangan Meriah

Ditempat yang sama, Direktur RSUD Andi Abdurrahman Noor, dr. Arman Jaya Rikky mendukung dan menyambut baik program tersebut. Bukti dukungannya, RSUD Andi Abdurrahman Noor telah mempersiapkan tenaga-tenaga medis dan dokter spisialis terbaiknya.

Untuk Operasi bibir sumbing akan dilakukan oleh dr. Yacob Massang Sp. B dan untuk katarak akan ditangani oleh dr. Indra Ariesta Sp. M, tandasnya.

Penulis:syahriadi
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments