LP Teluk Dalam tak Terakomodir Logistik

oleh -405 views
warga binaan saat melakukan pencoblosan di dalam Lapas Teluk Dalam Banjarmasin. (Hafidz)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Dihari pemilihan umum 2019, warga binaan Lembaga Permasyarakatan Banjarmasin Kelas II A, di Jalan Teluk Dalam, akhirnya melaksanakan pencoblosan di sembilan TPS yang disediakan di dalam Lapas, sekitar pukul 14:30 Wita, Rabu (17/4).

Padahal sesuai peraturan KPU, bagi para pemilih harus mendaftarkan dirinya sebelum jam 13:00 Wita, akan tetapi surat suara yang dinantikan baru datang sekitar pukul 14:00 Wita.

Kasi Binadik (Kepala Seksi Pembinaan dan Pendidikan), Tri Haryanto mengatakan, untuk sementara secara bertahap sudah datang surat suara untuk warga binaan yang hendak memilih hak pilih mereka.

Baca Juga ==>Antusias Pemilih di Desa Sumber Makmur cukup Tinggi

Disebutkannya, jumlah warga binaan yang ada didalam lapas 2. 708 orang, sedangkan yang mempunyai Daftar Pemilih Tetap hanya 15 orang. “Karena 6 orang warga binaan sudah bebas, tersisa 9 orang yang berhak memilih,” terangnya.

Sedangkan DPTb warga binaan sebanyak 836 jiwa, untuk sisanya tidak bisa menggunakan hak pilihnya karena tidak mempunyai KTP. Sedangkan pantauan Kalselpos dari dalam Lapas, surat suara yang diperlukan juga banyak yang belum datang untuk warga binaan yang hendak menggunakan hak pilih mereka.

Adapun surat suara yang datang diambil dari sisa sejumlah TPS yang ada di Pelambuan. Komisioner KPU Kota Banjarmasin Divisi Program dan Data, Rahmi menjelaskan. terkait warga binaan DPTb di Lapas memang tidak terakomodir dari logistik KPU.

“Oleh sebab itu kami masih mengumpulkan sisa surat suara dari sejumlah TPS yang ada di kota Banjarmasin,” pungkasnya.

Penulis:hafiz
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider