Logistik Mata Sirih Segera Dikirim

oleh -662 views
HANCUR-Rumah warga porak poranda akibat peristiwa tanah longsor.(istimewa)

KOTABARU, Kalselpos.com – Bantuan berupa sembako, selimut dan bahan-bahan lainnya akan segera di kirim oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru.

Rencananya pengiriman bantuan akan di salurkan melalui Desa Teluk Tamiang yang memakan waktu sekitar 4-5 jam lewat jalur laut menuju Pulau Mata Sirih Kecamatan Pulau Sembilan.

Namun, sebelum sampai di Desa Teluk Taming pendistribusian bantuan harus menempuh jalur darat sejauh 4 jam perjalanan menggunakan truk BPBD dari pusat ibukota Kabupaten Kotabaru.

Baca Juga ==>Enam Rumah di Desa Teluk Sungai Tertimbun Longsor

Kepala BPBD Kotabaru, H Rusian Ahmadi Jaya saat di konfirmasi Kalselpos.com Kamis (25/04) mengatakan, pengiriman bantuan logistik akan segera di kirim namun yang menjadi kendala tentunya pengiriman hanya menggunakan armada kapal kecil saja dari Desa Teluk Tamiang yang akan memakan waktu lumayan lama.

“Mau tidak mau bantuan logistik harus segera dikirim, karena kalau tidak kasian warga kita disana yang pasca terkena musibah,” ungkapnya.

Disampaikanya, pihaknya menyayangkan sampai sekarang dari pihak Pos Basarnas Kotabaru belum bisa mengoperasikan kapalnya padahal kalau menggunakan kapal Basarnas dapat di tempuh dengan waktu 5 jam saja dari Kotabaru.

“Bisa kita bayangkan kalau kita berangkat menggunakan kapal biasa dari Kotabaru maka akan ditempuh dengan waktu kurang lebih 18 jam belum lagi kalau ombak besar yang di hadapi. Oleh karenanya, setelah kita pikirkan bantuan akan di salurkan melalui jalur terdekat yakni Desa Teluk Tamiang terlebih dahulu,” sambungnya.

Sementara, Sudarsono selaku staf Kecamatan Pulau Sembilan yang di temui di kantor BPBD Kotabaru menyatakan, tentu ia berharap bantuan segera di kirim untuk keperluan masyarakat disana, khususnya bahan makanan. “Apapun resikonya bantuan ini mesti di kirim cepat untuk warga yang terkena musibah disana,” ujarnya

Baca Juga ==>Enam Rumah di Desa Teluk Sungai Tertimbun Longsor

Dilain pihak, Kepala Pos Basarnas Kotabaru, Teguh Prasetyo saat di hubungi via telpon selular menjelaskan, pihaknya sampai sekarang masih menungggu arahan dari kantor Basarnas Banjarmasin agar bisa menggunakan armada kapalnya.

Namun yang pasti Basarnas selalu siap siaga untuk ikut mengirimkan tim bersama-sama BPBD menuju lokasi untuk membantu evakuasi korban. “Prinsipnya, Basarnas selalu siap siaga dengan peristiwa bencana yang terjadi,” katanya.

Sekedar mengingatkan, peristiwa yang terjadi kemarin Rabu (24/04) di Pulau Mata Sirih sekitar pukul 08.00 wita, terjadi di 2 desa yakni Teluk Sungai yang terkena longsor dan Labuan Barat terkena banjir bandang, yang mengakibatkan puluhan rumah rusak berat dan ringan, serta menelan korban jiwa sebanyak 2 orang yang sampai berita ini diturunkan korban belum di temukan.

Penulis:uzi
editor:Wandi
Penanggung jawab SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider