Kemeriahan Hari Kartini di Kebun Sawit

oleh -334 views
Salah seorang anak yang jadi peserta dalam kegiatan Hari Kartini

TAPIN, Kalselpos.com – Meski berada di pelosok perkebunan Sawit, yang dikelilingi hutan, ternyata tidak menyurutkan semangat anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) untuk memperingati Hari Kartini. Mereka tetap antusias merayakan hari Kartini secara sederhana, jauh dari hingar bingar keramaian.

Terbukti antusiasme anak-anak terbilang tinggi untuk mengikuti beragam lomba. Seperti yang digelar di TK Mutiara Banua, areal perkebunan sawit , PT. Tri Buana Mas, Candi Laras Utara, KabupatenTapin, Kalsel. Aneka Lombanya pun dikemas agar terlihat semarak, karena acara diformat layaknya mirip audisi di sebuah stasiun tv swasta nasional. Tak heran jika penampilan beberapa peserta mirip dengan calon bintang mencari bakat.

Namanya anak-anak penampilannya pun membuat gemas dan menghibur penonton. Apalagi beberapa peserta terlihat serius namun gerakannya membuat gelak tawa.

Seperti lomba fashion show dan menyanyi, menjadi pusat perhatian penonton. Sejumlah aksi bocah taman kanak-kanak ini membuat geer penonton yang memadati aula Taman Kanak-kanak Mutiara Banua. Bagaimana tidak, beberapa diantaranya tampil bak model professional melenggak-lenggok di catwalk serius, namun di tengah aksi ada berhenti mendadak dan langsung keluar arena. Meskipun begitu lomba ini pun mendapat apresiasi luar biasa orangtua dan para pekerja kebun yang menyempatkan diri menyaksikan lomba hari Kartini ala anak-anak di kebun sawit. Terlebih acaranya semakin seru saat ibu-ibu, orangtua murid TK menjadi supporter bagi anaknya berlomba. Penampilan pemandu acara, Winda Erianty ini, mampu menghidupkan suasana lomba Hari Kartini.

“Luar biasa anak-anak hari ini, mampu berekspresi, mampu menghibur tidak kalah dengan peserta acara pencarian bakat di tv. Kita harus mendorong anak-anak untuk terus semangat mengikuti lomba-lomba berikutnya,” ucap salah seorang tenaga pendidik TK Mutiara Banua, Vera Purnamasari, kepada wartawan akhir pekan tadi.

Bagi sebagian besar anak-anak yang bermukim di kawasan perkebunan sawit, PT Astra Agro Lestari Tbk, bisa berpartisipasi meramaikan peringatan hari kartini menjadi kebanggaan tersendiri. Karena sangat jarang dan lomba tahun ini dibikin menarik layaknya sebuah acara Audisi Mencari Bakat yang pernah populer di tanah air beberapa tahun silam.

“Ya kita adakan semeriah mungkin untuk menciprqkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan dihari kartini ini”, terang Vera.

Sementara itu CDO PT Tri Buana Mas, Slamet Riadi mengatakan kegiatan di salah satu sekolah taman kanak-kanak ini patut diapresiasi. Karena akan membentuk karakter anak-anak untuk selalu menghargai pahlawan dan memahami sejarah tokoh-tokoh pergerakan nasional seperti ibu Kartini. Semangat ibu Kartini untuk mendorong kaum perempuan lebih maju dan mandiri, harus bisa diteladani terutama bagi generasi muda, yang dimulai dari anak-anak usia dini. Karenanya kegiatan lomba memperingati Hari Kartini, sebuah edukasi yang harus didukung penuh oleh semua pihak.

“Kami mengapresiasi kegiatan, yang tak hanya mengenalkan sejarah pada anak-anak, namun ada nilai-nilai dan semangat untuk bias diteladani mereka. Lomba-lomba secara tak langsung akan menumbuhkembangkan anak bisa mandiri dan percaya diri,” tutur Slamet Riadi.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga