Jaga Kekompakan Karate di Banua

oleh -136 views
Hamzah Noor dan Rahmat Aidi, saat bertandang ke rumah Sempai M.Aini Morgan,(tengah) tokoh Karate di Banua.

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Mungkin saat ini tidak banyak orang yang kenal atau mengetahui seorang sosok sederhana dan bersahaja, namun tetap disegani di kalangan perkaratean Banua Kalimantan Selatan ini, dia adalah tokoh karate yang masih hidup, yakni Sempai Morgan.

Sosok dengan nama lengkap Muhammad Aini Morgan, di mana dia yang menerima mandat mendirikan karate LEMKARI (Lembaga Karate-Do Indonesia) untuk Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah pada tahun 1970.

Orang inilah yang pertamakali memperkenalkan dan mensosialisasikan Karate khususnya perguruan karate LEMKARI (Lembaga Karate-Do Indonesia) dari Kota Banjarmasin sampai ke Wilayah Banua Anam.

Baca Juga ==>75 Atlet Karate Ikut Seleksi Popda 2019 

Di usianya yang sudah senja yalni 69 tahun dan dalam kondisi sakit yang hampir 10 tahun, semangatnya tetap berkobar, walaupun ucapannya terbata-bata tapi masih jelas vokalnya dapat di simak dan di pahami.

Ingatannya masih tetap terjaga untuk menceritakan sejarah perkaratean di Banua ini, kadang-kadang dia tertawa, karena perjalanan membangun Karate ada yang lucu, sungguh terkesima siapapun yang mendengarkan dia menceritakan perjuangan itu.

Di antara sekian banyak karateka yang di latih yang berhasil didikannya, salah satunya adalah Hamzah Noor yang sukses melanjutkan perjuangan membangun karate di daerah ini.

Sempai Morgan berpesan kepada semua Karateka di Banua ini, baik senior maupun junior, jagalah kekompakan Karate di Banua, jangan sampai terpecah-pecah apalagi di adu domba oleh yang sengaja menghancurkan perkaratean di Banua ini. “Kita Asli urang banua tetap kompak,” pungkasnya.

Beberapa waktu lalu,Hamzah Noor, menyempatkan diri untuk bertandang ke rumah Sempai Morgan, dalam rangka melihat langsung kondisinya dan sebagai bentuk penghormatan dan loyalitas kepada orang yang pernah mendidik dan melatih Karate di tahun 70-an, dia mendo’akan semoga Sempai Morgan di berikan kesehatan dan segera sembuh dari sakitnya.

Baca Juga ==>75 Atlet Karate Ikut Seleksi Popda 2019 

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments