Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kalsel terus Meningkat

oleh -433 views
Enam Ratus bibit jenis buah - buahan dan bambu ditanam di Tahura Sultan Adam Mandiangin oleh karyawan dan karyawati Dishut Kalsel.(ist)

BANJARBARU, Kalselpos.com – Karyawan dan karyawati Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Polhut, BPTH, Tahura dan karyawan KPH Kayutangi melakukan penanaman 600 bibit tanaman buah – buahan dan bibit bambu di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam Mandiangin, Minggu (28/4/2019) siang.

Penanaman kali ini juga melibatkan Himpunan Pensiunan Kehutanan (HPK) Kalimantan Selatan.

“Sebanyak 300 bibit jenis buah – buahan dan 300 bambu. Untuk buah – buahan ada Nangka, Petai, Jengkol. Buah – buahan kita tanam di Agro Forest Sultan Adam dan untuk bambu ditanam di Arboretum Bamboo,” ujar Sekretaris Dishut Provinsi Kalsel Warsita.

Disampaikannya, Dishut Kalsel terus giat melakukan penanaman pohon demi terciptanya lingkungan yang berkualitas.

“Fokus pembangunan kehutanan kedepan, yakni di revolusi hijau dan perhutanan sosial,” paparnya.

Warsita mengharapkan, pembangunan kehutanan sosial ini harus ada keterlibatan semua pihak. Perhutanan sosial ini juga akan sangat membantu peranan pemerintah dalam meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup.

“Melalui gerakan revolusi hijau, indeks kualitas lingkungan hidup Kalsel meningkat dari sebelumnya urutan 29 kini sudah berada pada posisi 17 dari 34 provinsi. Hari ini kita juga mengajak Himpunan Pensiunan Kehutanan untuk ikut menanam,” tandasnya.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggung jawab: SA Lingga