Ikut Ujian Sabuk, Siswa PSHT Hadapi Ratusan Pendekar

oleh -1.022 views

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sebanyak 69 siswa perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) mengikuti ujian kenaikan tingkat dari sabuk hijau menuju sabuk putih, Minggu (25/04). Para siswa tersebut, diharuskan mengikuti serangkaian ujian di hadapan sekitar ratusan pendekar.

Sejak pukul 06.00 wita, sebanyak 13 siswa putri dan 56 siswa putra yang berasal dari rayon dan ‎ranting se Banjarmasin, tampak telah berkumpul di Jalan Mantuil Permai Rt.20 Kelurahan Mantuil, Kec. Banjarmasin Selatan.

Wakil Ketua II PSHT Cabang Banjarmasin Pusat Madiun Datu Surasto menjelaskan, untuk bisa lolos dan menyandang sabuk putih para siswa diminta menunjukkan kebolehannya di hadapan para pendekar yang telah ditunjuk sebagai penguji dalam ujian tersebut.

Baca Juga ==>6 Siswa Tapin ikuti OSN SMP Tingkat Provinsi

“Mereka para siswa yang mengikuti tes diharuskan mengikuti dari tes tertulis, senam dasar, sampai materi khas pencak silat yakni bertanding satu lawan satu (sabung) antar siswa dihadapan pendekar yang dipilih sebagai penguji untuk selanjutnya dinilai,” Terang Wakil Ketua II PSHT Cabang Banjarmasin, Senin (15/4).

Setelah berhasil menyandang sabuk putih Datu Surasto berharap para siswa tersebut nantinya bisa menjadi bibit bibit baru dapat menjuarai kompetisi kompetisi olahraga beladiri yang dipertandingkan oleh berbagai unsur, serta mampu mengabdikan diri bagi bangsa dan negara dan menjadi pribadi yang berbudi luhur.

“Anggota PSHT wajib untuk bisa berbudi luhur dan pastinya bisa menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tuturnya.

Untuk diketahui, Perguruan Pencak Silat PSHT yang didirikan di Madiun pada tahun 1922 itu, hingga saat ini telah memiliki pendekar-pendekar di berbagai negara dan dalam perkembangannya, sudah ada jutaan anggota PSHT yang menyebar di seluruh penjuru dunia.

Di Cabang Banjarmasin yang diketuai oleh Lasminto sendiri, sudah ada sekitar kurang lebih 1.000 Pendekar dan ratusan anggota berstatus siswa yang masih giat mengikuti latihan rutin.

Baca Juga ==>6 Siswa Tapin ikuti OSN SMP Tingkat Provinsi

Penulis: Krisna
Penerbit: Wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider
OS

Facebook Comments