Hindari Stunting, Wakil Ketua PKK Ajak Masyarakat Hidup Sehat‎

POTO BERSAMA- Wakil Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Sri Astuti‎ Syamsuri Arsyad poto bersama dengan kontingen jambore posyando HSS.(Kominfo/Sofan)

KANDANGAN, Kalselpos.com – Momen jambore kader posyando yang digelar di Kabupaten Banjar yang diikuti oleh 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan (Kalsel), diharapkan dapat meningkatkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) dan untuk mencegah tumbuh anak yang pendek karena kekurangan gizi‎ (stunting).

Bacaan Lainnya

Karena itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Srie Astuti Syamsuri Arsyad, berharap ‎masyarakat lebih waspada terhadap penyakit stunting, dan lebih peduli terhadap gerakan masyarakat hidup sehat, yang selama ini terus digaungkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel. “Ayo kita semua lakukan gerakan hidup sehat, agar terhindar dari bahaya stunting,” ajak Srie.‎

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSS, dr Siti Zainab, mengatakan, untuk mencegah stunting pihaknya terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat, dengan gerakah hidup sehat. “Kita terus berikan penyuluhan dan menjelaskan apa stunting dan cara pencehagahannya,” ujarnya.

Dikatakannya, pencegahan stunting tersebut dilakukan melalui upaya pemberian tablet tambah darah kepada remaja, pemeriksaan kehamilan, serta imunisasi kepada balita. “Jika gerakan itu dilakukan, Insya Allah bisa terhindar dari stunting,” ujarnya.

Sementara itu, ‎Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengatakan, keberadaan posyandu mempunyai kontribusi besar dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional dan daerah‎, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, khususnya sebagai sarana pelayanan kesehatan ibu dan anak.‎

Saat ini, kata dia, ‎posyandu di kalsel hingga tahun 2018 telah mencapai 3.925, yang sebelumnya pada 2016 hanya sekitar 3.796 buah.‎ “Ini menggambarkan sebuah keberhasilan, kemajuan, hal ini bisa tercapai karena kerja kita bersama, kerja keras para kader posyandu,” ucapnya.

Ia berharap, semua kader posyandu tetap bekerja secara maksimal serta bergerak bersama, untuk menggelorakan eksistensi posyandu yang mampu memberikan fungsi dan peran terbaik, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.‎

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait