Germas, Ingatkan Warga HSU untuk Hidup Sehat

oleh -605 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya  perilaku hidup sehat menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Karenanya, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terus dikampanyekan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, hingga tingkat Kabupaten.

Seperti kampanye Germas yang dilaksanakan di Kecamatan Banjang. Melalui kegiatan senam bersama dan pameran sayuran serta buah lokal, masyarakat diajak untuk menyadari pentingnya kesehatan,dimana juga dibarengi dengan layanan cek kesehatan secara gratis, seperti cek tekanan darah dan kimia darah.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan H. Danu F. Fotohena, SKM mengatakan, Germas yang merupakan gerakan nasional tersebut bertujuan untuk menuju masyarakat yang sehat melalui gerak atau olahraga serta makan makanan yang bergizi seimbang dan pemeriksaan kesehatan secara teratur ke fasilitas kesehatan. 

“Masih banyak masyarakat belum mengerti atau sadar tentang makanan bergizi, seimbang dan perlunya gerak atau olahraga, serta pemeriksaan kesehatan. Disamping cukup asupan gizi, kita juga perlu gerak aktifitas seperti olahraga dan jangan lupa pemeriksaan kesehatan secara rutin dan teratur, ini yang sering diabaikan oleh masyarakat kita,” ungkapnya.

Danu menambahkan, berdasarkan hasil survei, masyarakat khususnya para pekerja kebanyakan memandang tidak perlu lagi berolahraga karena sudah melakukan aktivitas fisik hampir setiap hari. Padahal mereka masih mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak bagus untuk kesehatan di sela-sela pekerjaannya, seperti minum-minuman energi secara berlebihan dengan anggapan sudah memenuhi gizi seharian walau tanpa makan. 

“Pola pikir dan pola hidup masyarakat yang seperti ini yang harus diubah melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, Germas juga bertujuan untuk mencegah meningkatkan nya penyakit tidak menular, seperti Hypertensi, stroke dan kencing manis melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin dan teratur serta menghentikan perilaku tidak sehat seperti kebiasaan merokok.

“Kesadaran masyarakat masih rendah, sehingga kedepannya masih akan dilaksanakan kampanye Germas di tempat lainnya. Diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat lebih memahami dan menyadari pentingnya kesehatan,” tandasnya. 

Dalam kesempatan itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menyampaikan tentang pelayanan kesehatan semesta, yaitu pelayanan kesehatan gratis melalui BPJS yang dibayarkan oleh pemerintah. Melalui pelayanan kesehatan semesta, Wahid berharap seluruh lapisan masyarakat akan mendapatkan fasilitas layanan kesehatan yang layak.

Penulis: Adiyat/Tim
Editor:A. Syaufi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider