DLH Kalsel gelar Bimtek Limbah B3

oleh -420 views
Kegiatan Bimtek Pengelolaan Limbah B3 yang digelar DLH Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru (22/04/2019).(Ahmad Fauzie)

BANJARBARU, Kalselpos.com – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin menggelar Pelatihan Teknis Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Tahun 2019.

Dihadiri para kepala bidang, kepala seksi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, narasumber Pelatihan Limbah B3 baik dari DLH Provinsi maupun PPLH Universitas Lambung Mangkurat ini,di laksanakan di Hotel Five Jalan Ahmad Yani Km 33 Loktabat Banjarbaru dari 22-26 April 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan yang hadir dan membuka kegiatan, Ir.Ikhlas menyampaikan, di laksanakannya Bimbingan Teknis Limbah B3 ini, bertujuan agar peserta memahami pentingnya pengelolaan Limbah termasuk peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pengelolaan Limbah B3 dan dapat mengidentifikasi karakteristik dan jenis Limbah yang diatur dalam regulasi Pengelolaan Limbah B3.

Baca Juga ==>DLH gencarkan Proklim di Banjarmasin

“Limbah B3 kimia yang dihasilkan oleh kegiatan usaha maupun jasa yang ada di Kalimantan Selatan ini, merupakan tanggung jawab kami maupun kawan-kawan Kabupaten serta mitra kerja sebagai penghasil,ini wajib dikelola dengan baik karena akan ada ketentuan pidana yang yang mengancam,” ungkap Ikhlas.

Selain itu peserta diharapkan mampu mendesain dan merencanakan sistem pengelolaan Limbah B3 yang tepat serta memahami cara pengelolaan limbah dan menentukan teknologi yang tepat agar dapat diterapkan.

Adapun materi dari Bimbingan Teknis (Bimtek) ini antara lain, Kebijakan Peraturan Pengelolaan Limbah B3, Pemulihan Lahan Terkontaminasi Limbah B3, Perpindahan Limbah B3 antar negara, pengangkutan Limbah serta Penyimpanan Limbah B3.

Pelatihan yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktik ini menghadirkan narasumber dari Dirjen PPA -KLH Jakarta, BPPSDM Serpong-KLHK, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, PPLH-ULM Banjarmasin.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider
Facebook Comments