Distan Suntik Anjing Piharaan

oleh -48 views
ilustrasi.(net)

PARINGIN, Kalselpos.com – Sebagai upaya untuk melakukan pencegahan bahaya penyakit rabies yang ditularkan oleh anjing, Dinas Pertanian melalui bidang peternakan Kabupaten Balangan melakukan injeksi (suntik ) terhadap anjing peliharaan warga  khususnya di Kelurahan Paringin Kota – Paringin Kabupaten Balangan

Kepala Bidang Peternakan Muhammad Husni didampingi Kasi Peternakan Drh.Ayu  dan beberapa staff nya belum lama tadi langsung turun ke lapangan untuk melakukan penyuntikan.

Muhammad Husni memgatakan,sebelum melakukan program penyuntikan terhadap anjing peliharaan warga pihaknya terlebih dahulu meminta izin kepada Lurah Paringin Kota  dan meminta data  warga Paringin Kota yang mempunyai anjing peliharaan.

“Sehingga dalam kegiatan ini kami tidak mengalami kendala yang berarti  kerena sudah tahu titik sasaran yang harus kami datangi , “ujarnya.

Hal ini penting agar para petugas langsung melakukan tugasnya dimana dari beberapa tempat warga yang memiliki anjing peliharaan dengan rela untuk menyiapkan anjingnya untuk dilakukan pemeriksaan dan penyuntikan  dan memberikan vitamin untuk  anjing agar terhindar dari penyakit anjing gila yang dapat membahayakan orang yang digigitnya.

“Ada beberapa kasus  anjing peliharaan dapat merubah perilakunya menjadi buas dan ganas  dan selalu ingin mengigit pada yang empunya,”ujarnya.

Diungkapkannya, hal ini bisa terjadi adanya perkawinan dengan ajing liar sehingga berpengaruh dengan kondisi phisik secara phisilogis ada nggangguan ingin selalu bebas seperti anjing liar dan rata- rata anjing peliharaan ini  dilepas disekitar rumah sehingga dapat bergaul dengan bebas dengan ajing liar tampa pemilik yang rata- rata tinggal disekitar hutan atau kebun karet warga.

Lebih lanjut Husni memaparkan pihaknya rutin melakukan program penyuntikan terhadap anjing peliharaan ini di delapan  kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan.

“Sudah menjadi salah satu program yang memang telah lama berjalan secara periodek  dan hasilnya sangat positif untuk mengurangi penyakit anjing gila ,selain itu kami juga melakukan penangkapan dan pemusnaan terhadap anjing liar  yang memang kebanyakan mengidap penyakit anjing gila,”ujarnya.

Program ini juga salah satu cara untuk melakukan pencegahan dini jatuhnya korban gigitan anjing gila di Kabupaten Balangan.

Salah satu warga Paringin Kota M.Aini sangat berterimakasih perhatian Pemerintah Kabupaten Balangan

Menurutnya dengan adanya program penyuntikan ini sangat membantu kesehatan anjing – anjing yang memang cara pemeliharaannya secara alami tanpa dikurung namun tidur dikolong rumah dengan berkembang biak secara alami pula.

“Hal ini memang riskan sekali akan terjangkit penykit anjing gila ,kerena dapat melakukan perkawinan dengan anjng liar yang setiap malam selalu berkeliaran entah datang dari mana,” ungkapnya

Penulis: Kurnadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments