Dinas Perdagangan Provinsi Lakukan Pengawasan Bahan Pokok di Tanah Bumbu

BATULICIN, Kalselpos.com – Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pengawasan ketersediaan pasokan dan harga bahan pokok.

Dalam kegiatan pengawasan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, juga mengimbau para pedagang untuk tidak mengedarkan barang kadaluarsa.

Bacaan Lainnya

Imbauan tersebut disampaikan langsung ke pedagang pada saat kegiatan pengawasan ketersediaan pasokan dan harga barang pokok menjelang bulan Ramadhan di Pasar Harian Simpang Empat, Jalan Pelabuhan Speed, Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (23/4) kemarin.

Baca Juga ==>Dinas Perikanan Kenalkan Makanan Berbahan Ikan

Saat melakukan pengawasan, yang menjadi perhatian Kepala Dinas Perdagangan yaitu barang kadaluarsa, barang dalam kemasan rusak, serta ketersediaan dan harga bahan pokok.

Terkait hal apa saja yang disampaikan ke pedagang, Birhasani mengimbau agar pedagang melakukan pengawasan kembali pada produk yang dijual apakah sudah memasuki masa kadaluarsa atau belum.

Jika sudah memasuki masa kadaluarsa sesegeranya diamankan dan jangan diperjualbelikan yang tentunya dapat merugikan pelaku usaha sendiri dan juga merugikan pembeli sebagai konsumen. Barang yang sudah kadaluarsa hendaknya dikembalikan ke distributor dan diganti dengan yang baru.

Ia mengingatkan, ada sangsi bagi yang mengedarkan barang kadaluarsa, baik sangsi administrasi berupa teguran, pencabutan izin usaha, bahkan sampai sangsi pidana. Sejumlah pedagang yang ditemui pun menyambut baik imbauan dan arahan dari pemerintah.

Sementara itu, terkait pengawasan harga bahan pokok di Pasar Harian Simpang Empat hasilnya ditemukan salah satu komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu bawang merah dan bawang putih.

Baca Juga ==>Dinas Perikanan Kenalkan Makanan Berbahan Ikan

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait