Dinas Ketahananan Pangan dan PKK Gelar Lomba Cipta Menu Beragam

oleh -389 views

KOTABARU, Kalselpos.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kotabaru bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru melaksanakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2019.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kotabaru Ir. H. Gusti Syahruddin, MP, mengatakan, Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis pangan Lokal kabupaten Kotabaru tahun 2019 dilaksanakan  Paris Barantai Kotabaru. Senin( 22/04).

Disampaikanya, tujuan diselenggarakan kegiatan lomba cipta menu B2SA yang berbasis pangan lokal ini untuk menggali sumber pangan alternatif Non Beras dengan berbasis budaya lokal sehingga diharapkan Kabupaten Kotabaru memiliki makanan khas daerah sendiri.

Baca Juga ==>Kader PKK Desa Berbusana Kebaya Meriahkan Hari Kartini

Diterangkannya, selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsusmsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan mengangkat citra makanan khas daerah agar dapat di gemari dan mampu bersaing dengan makanan modren.

“Untuk peserta lomba kami melibatkan Tim Penggerak PKK Kecamatan Se Kabupaten Kotabaru dan unsur organisasi wanita dari jajaran instansi di Kabupaten Kotabaru,”ujarnya.

Dalam penetetapan pemenang lomba dinilai langsung oleh tim TP PKK Kotabaru, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Cef Hotel Grand Surya Kotabaru.

Ketua Penggerak TP PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, berharap dapat menjadi forum dan wahana kita semua untuk lebih memahami apa itu pangan dan apa itu gizi.

Diungkapkannya, sehingga kita sebagai wanita yang dikodrankan sebagai ibu rumah tangga yang mempunyai peranan dalam menyusun menu makanan keluarga dan sebagai seorang istri PNS serta Pejabat Negara semakin diperlukan kemampuan untuk memahami dan menyadari pentingnya pengetahuan dan keterampilan memasak.

Baca Juga ==>Kader PKK Desa Berbusana Kebaya Meriahkan Hari Kartini

Ditambahkannya, dalam membangun kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia sangatlah perlu pola makan sehari hari dengan asupan gizi, bukan ukuran mahal atau status gengsinya bahan makanan tertentu.

Pada kegiatan lomba tahunan ini kami inginkan lebih memasyarakatkan jenis pangan lokal dengan pola konsumsi B2SA, untuk itu dengan segala kerendahan hati, saya mengajak dan menghimbau kepada semua pihak, instansi pemerintah terkait dan khususnya ibu ibu ketua Organisasi wanita dan ibu ibu camat selaku ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dapat lebih memperhatikan masalah pangan ini agar generasi sumber daya manusia kita mendatang lebih berkualitas,” jelas Fatma Idiana.

Penulis: Ardiansyah
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider
Facebook Comments