Bupati lantik Damang Kecamatan Kapuas Hilir

oleh -253 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Demi jalannya peraturan yang sesuai dengan adat istiadat masyarakat Dayak serta melestarikan budaya Suku Dayak. Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, melantik dan mengambil sumpah janji, secara langsung Damang Kepala Adat Kecamatan Kapuas Hilir, Alsen Bayan.

Pelantikan berdasarkan hasil pemilihan Damang Kepala Adat pada tanggal 25 Februari 2019 dan surat Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Nomor:23/DAD-KAB.KPS/III/2019 tanggal 19 Maret 2019.

Proses pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Kapuas Hilir, Senin (29/4) pagi dengan dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas Yan Hendri Ale, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas, Camat Kapuas Hilir Joko Labadijunjung dan jajaran, perwakilan Koramil 1011-02/Kapuas Hilir, dan Perwakilan Polsek Kecamatan Kapuas Hilir.

Usai pelantikan, dilaksanakan pula prosesi pengukuhan oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Talinting E Toepak beserta pengurus inti.

Bupati Kapuas dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada Damang Kepala Adat Kecamatan Kapuas Hilir yang telah terpilih. Ia berpesan agar dalam menjalankan tugas dan kewajiban dengan adil tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan.

“Dengan kita melaksanakan tugas dan tanggung jawab disertai tanpa membeda-bedakan, saya yakin dan percaya Kabupaten Kapuas akan terus damai dan lebih maju,” ucapnya.

Kemudian, ia juga berpesan kepada para pemangku kepentingan di Kabupaten Kapuas agar memiliki komitmen untuk menjaga kebersamaan dan kedamaian.

Ben Brahim kemudian mengajak tamu yang hadir untuk saling bergandengan tangan menjaga serta memelihara kedamaian dan kerukunan di Kabupaten Kapuas dengan baik.

“Kita ini semua bersaudara, kita punya komitmen Kabupaten Kapuas adalah perahu besar, adalah rumah betang kita tinggal sama-sama disini didalamnya harus rukun, damai tanpa membedakan.

Saya sedih kalau ada kata-kata untuk kepentingan pribadi dan golongan hingga menganggu kebersamaan dan kedamaian yang terjalin di Kabupaten Kapuas,” tutup Ben.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga