Bupati Canangkan Kampung KB Desa Maradapan

oleh -762 views

KOTABARU, kalselpos.com – Bupati Kotabaru mencanangan Kampung KB yang ditandai dengan pemukulan gong di Desa Maradapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru. Kamis (11/04).

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar SH mengatakan, kampung keluarga berencana merupakan miniatur atau gambaran dari sebuah desa yang di dalamnya terdapat keterpaduan program pembangunan kependudukan dan keluarga.

Yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait seperti, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lainnya melalui sosialisasi, komunikasi, dan edukasi tentang program KB kepada masyarakat serta pelayanan KB di tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan.

Baca Juga ==>Bupati Tanbu Hadiri Rakor Supervisi Pemberantasan Korupsi

“Selama 2 tahun Kabupaten Kotabaru sudah memiliki 43 Kampung KB, dan program ini untuk mensejahterakan masyarakat, karena dua anak lebih baik.  kampung KB ini juga mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan dan lingkungan”. ungkapnya.

Diharapkan pula, dengan dibentuknya Kampung KB di Desa Maradapan ini dapat mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dan masyarakat, dan dapat menjadi wahana pemberdayan masyarakat, melalui berbagai macam program  yang mengarah kepada upaya  merubah sikap, prilaku dan cara berpikir masyarakat kearah yang lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengingatkan kepada seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan agar berperan aktif dalam mensukseskan program KB.

Sementara itu ditempat yang sama Camat Pulau Sembilan Husin menyampaikan, Desa Maradapan ini memiliki luas wilayah 81 kilometer persegi, desa ini juga merupakan desa penghasil tanaman pisang untuk memenuhi kebutuhan pasar Kotabaru.

“Sebagian masyarakat Desa Maradapan ini bermata pencarian bercocok tanam pohon pisang dan sebagian lagi berprofesi menjadi nelayan.” Imbuhnya.

Baca Juga ==>Bupati Tanbu Hadiri Rakor Supervisi Pemberantasan Korupsi

Selain pencanangan kampung KB juga pemerintah daerah menyerahkan hibah sebesar 60 juta untuk pembangunan mesjid An-Nabah yang diterima oleh Kepala Desa Maradapan, serta penyerahan hibah sebesar Rp 50 juta untuk pengurus Mesjid  Darul Mu’min yang diterima Camat Pulau Sembilan, dan pemberian alat GPS untuk kelompok nelayan Banuaraya yang diserahkan langsung oleh Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar.

Kegiatan pencanangan kampung KB dihadiri oleh Danrem 101 Antasari Kolonel (Inf) Syech Ismed, Dandim 1004 Kotabaru Letkol inf Rony Fitrianto serta pimpinan Kepala SKPD dan Forkompinda, Kepala Desa setempat maupun warga masyarakat .

Penulis: Ardiansyah
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider