Basarang siap jadi Lumbung Jeruk dan Nenas

oleh -592 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Desa Panarung Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas, selama ini dikenal banyak menghasilkan buah Nenas, hingga terkenal diluar dengan sebutan Kanas (Nenas) Basarang. Sekarang daerah ini juga ternyata mampu menghasilkan Jeruk.

Terobossn pengembangan penanaman Jeruk ini di prakarsai oleh York, petani desa Panarung. Usaha dari York ini, diapresiasi Dinas Pertanian Dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Ir Sunarti MM, yang datang ke lokasi bersama jajaran, Rabu (24/4).

Turut menyambut kedatangan rombongan ini, Kadis Pertanian dan Peternakan, Ir Ringkesit, kqabid Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian, H Widati Sp, Kades Panarung Firman, Penyuluh pertanian beserta para petani.

Baca Juga ==>Mentan Proyeksikan Kalsel Jadi Lumbung Pangan

Kadis Pertanian dan Peternakan, Ir Sunarti MM, mengatakan dengan dikembangkannya terobosan baru menanam buah Jeruk ini, tentunya akan meningkatkan financial yang memberi keuntungan buat petani.

“Kita sudah bangga Kanas Basarang itu sudah membumi. Semoga Jeruk juga akan menyusul komoditi Nenas. Dipasarkan ke provinsi tetangga bahkan untuk eksport, tentunya dengan diusahakan sertifikasi aman, merk jeruk Basarang seperti Nenas Basarang di patenkan lagi,” tegas Ir Sunarti MM.

Ditambahkannya lagi, pemerintah akan selalu memonitor dan siap membantu perkembangan dari tanaman jeruk ini, baik yang dari provinsi maupun yang di Kabupaten Kapuas, supaya terjaga kualitas maupun kuantitasnya.

“Petani lainnya, yang ingin juga menanam jeruk karena luasan lahan masih memadai, silakan ajukan proposal ke dinas pertanian kabupaten, agar bisa dibantu pengolahan lahan serta bibitnya,” usul Kadis Pertanian Dan Peternakan Propinsi ini.

“Para penyuluh juga selalu tetap semangat dan ikhlas serta giat dalam membantu para petani kita, Kalian adalah jembatan Penghubung antara pemerintah dan petani,” tegas Sunarti.

Baca Juga ==>Mentan Proyeksikan Kalsel Jadi Lumbung Pangan

Ir Ringkesit, dalam kesempatan ini menambahkan, luasan lahan tanaman jeruk di kecamatan Basarang ini sudah lebih dari 100 hektar, nantinya akan dibuat Cluster khusus Tanaman,

“Seperti diketahui khusus Basarang dengan Nenas yg merupakan tanaman andalan sebelum jeruk, dengan luas kebun 600 hektar adalah penghasilan tetap dari masyarakat Desa Basarang, semoga jeruk nanti akan berkembang,” harap Ringkesit.

Penulis: Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider