Anggota Dewan diminta Hadiri Pembahasan LKPj Walikota

oleh -274 views
Matnor Ali

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali, menyebut waktu pelaksanaan proses pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota oleh pihak DPRD setempat tinggal beberapa hari lagi.

“Rencananya tiga hari pembahasan mulai tanggal 11-13 April ini, jadi tidak lama lagi dilaksanakan,” ujar Matnor Ali, kepada wartawan, Senin (8/4) kemarin.

Menurutnya,dengan sempitnya waktu pelaksanaan pembahasan itu, diharapkan seluruh anggota Komisi yang ada di DPRD setempat bisa dapat berhadir, sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Sebab pada tanggal 18 April mendatang, rapat paripurna LKPj tersebut sudah dilaksanakan.

“Kalau ada yang tidak hadir, tentu pembahasan nanti tidak bisa maksimal. Karena memerlukan banyak masukan dari para anggota dewan,” ungkapnya.

Dikatakan Matnor Ali, pihaknya memahami kondisi saat ini, di mana banyak anggota DPRD setempat yang sedang sibuk, baik untuk urusan partai atau pencalonan diri kembali untuk menjadi anggota dewan.

Hanya saja ingatnya, jangan sampai kepentingan itu mengurangi fungsi, tugas dan kewajiban sebagai anggota dewan yang hingga kini masih di emban.

“Artinya boleh saja kita sibuk baik terkait pencalonan atau urusan partai. Tapi tugas dan fungsi dewan, salahsatunya pengawasan, masih terus dijalankan,” tuturnya.

LKPj Walikota tegasnya, memang dinilai sudah cukup baik dan melalui tahapan pelaporan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup pemerintah kota. Tetapi tetap masih diperlukan pembahasan untuk catatan atau rekomendasi pelaksanaan kinerja pemerintah ke depan. Yang nantinya disampaikan melalui rapat paripurna DPRD.

“Itu yang harus kami laksanakan, nantinya catatan atau rekomendasi itu disampaikan saat paripurna. Meski tidak mengambil keputusan, namun kita harap semua anggota tetap bisa hadir,” bebernya.

Kemudian tambahnya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, waktu pembahasan dilakukan selambatnya satu bulan setelah LKPj itu disampaikan oleh Walikota.

“Karena penyerahan kemarin oleh Walikota pada tanggal 18 Maret, maka pada 18 April sudah di paripurnakan,” tandasnya.

Penulis: Aspihan
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider