900 Surat Suara Pemilu RI di Malaysia Terbakar

oleh -688 views
Mobil terbakar.(ist)

KUALA LUMPUR, Kalselpos.com – Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) bagi warga negara Republik Indonesia (RI) di wilayah Kota Kinabalu, Malaysia terganggu. Pasalnya, mobil pengangkut logistik Pemilu yang disewa petugas Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kota Kinabalu terbakar. Sebanyak 900 lembar surat suara hangus akibat insiden ini.

Ketua PPLN Kota Kinabalu Cahyono Rustam kepada LKBN Antara, Senin (9/4), menjelaskan, peristiwa terbakarnya mobil pengangkut logistik Pemilu itu terjadi Minggu (7/4), sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

“PPLN Kota Kinabalu telah menerima laporan bahwa terdapat sebuah kendaraan sewa petugas yang terbakar ketika dalam perjalanan pulang kembali ke perkebunan sawit,” terangnya.

Dijelaskan Cahyono, logistik Pemilu yang turut terbakar dalam mobil itu adalah enam kotak suara berisi total 900 lembar surat suara untuk pelaksanaan Pemilu di wilayah kerja Perusahaan Sawit IJM.

“Enam kotak suara dari tiga KSK beserta isinya tidak dapat diselamatkan dan telah rusak terbakar,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya telah melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran, yakni Jalan Sapi Nangoh-Paitan, di wilayah Sandakan, Kinabalu. Daerah ini memang merupakan sentra perkebunan kelapa sawit di mana banyak pekerjanya merupakan warga negara Indonesia.

Informasi yang didapat di lokasi kejadian, empat penumpang mobil yang merupakan petugas KPPS Luar Negeri selamat, termasuk pengemudi yang hanya mengalami luka bakar ringan. Pengemudi atas nama Saenudin tersebut telah mendapatkan perawatan di klinik Perkebunan milik Wilmar Plantations.

Cahyono menyebut, pihaknya sudah melaporkan ke Pokja Pemilu Luar Negeri dan KPU segera mengirim penggantinya. Adapun penyebab inisiden ini masih dalam penyelidikan pihak berwenang setempat.

Penulis: Ant
Editor:Didin
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider