Workshop Aplikasi Siskudes Versi 2.0

oleh -200 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP), Polri dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) menggelar workshop evaluasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi siskudes versi 2.0, bertempat Aula Idham Chalid. 

Kegiatan workshop dihadiri, Bupati, Wakil Bupati Hulu Sungai Utara, Ketua DPR HSU, unsur Forkopimda, Kepala SKPD terkait, Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Bupati Hulu Sungai Utara,  H. Abdul Wahid HK setelah membuka secara resmi acara workshop menyampaikan, harapan kegiatan workshop ini menjadi pengerahuan baru dalam pengelolaan keuangan desa.

Selain itu wahid juga mengatakan, tahun 2017 Kepala Desa dan Bupati mendapatkan undangan dari Istana sebagai perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan dimana Kepala Desa di Kabupaten HSU dalam pengelolaan keuangan desa sudah menggunakan aplikasi Siskudes yang sudah konek dengan lembaga pemeriksa.

Wahid menambahkan, sistem pengelolaan keuangan desa dari tahun ke tahun semakin dituntut partisipatif, transparan, dan akuntabel.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara juga sudah mendapatkan 3 kali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI” ujar Wahid.

Sehingga pengakuan dari pemerintah pusat ini mengindikasikan bahwa dalam mempertanggung jawabkan anggaran desa ini dengan baik,  berharap ini akan juga baik dalam pengelolaan keuangan desa. 

Saat ini dana desa di Kabupaten HSU tahun 2019 dikucurkan sebesar 174 Milyar yang dipakai oleh 214 desa. “setiap satu desa menerima sekitar 800 juta sampai 1’3 Milyar, ” tutur Wahid.

Wahid juga mengatakan, keberadaan dana desa sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam peningkatan kemajuan bagi desa, perekonimiam di desa dan berbagai fasilitas umum yang ada di desa.

Maka dari itu, Ia meminta kepada seluruh masyarakat memberikan dukungan kepada jajaran pemerintahan desa masing masing, kepala desa harus memberikan dukungan maksimal kepada pemerintah kabupaten dan begitu juga pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat.

“sinergitas dari pemerintah desa, Kabupaten, Provinsi hingga pusat selalu semakin terbina dengan baik hingga masa akan datang, ” pungkas Wahid.

Penulis:Adiyat
Editor:. Syaufi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments