Wabup Tapin Pimpin Aksi Bersih-Bersih Sampah

oleh -262 views
Ketua PKK Tapin Hj Ratna Ellyani dan Ketua GOW Tapin Hj Tata Syafrudin Noor menerima pupuk organik hasil dari pungutan sampah yang di daur ulang.

RANTAU, Kalselpos.com – Dalam rangka memperingati Hari peduli sampah nasional tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Tapin melakukan apel dan aksi bersih – bersih sampah Pasar Keraton Jalan H Isbat Rantau. Rabu ( 6/3) kemarin.

Sebelum melakukan pemungutan sampah, terlebih dahulu upacara yang di pimpin Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor bertempat halaman terminal Pasar Keraton Rantau.

Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan, Ketua GOW Tapin Hj Mustaidah Syafrudin Noor, Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Zain Arifin, Kepala Dinas PMD Yumanto dan Kepala Bank Kalsel Cabang Rantau.

Baca Juga ==>ASN harus lebih Taat Aturan Buang Sampah

Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor dalam sambutannya mengatakan sampah merupakan sesuatu yang tidak asing bagi kita, setiap hari berurusan dengan sampah utamanya sampah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. “Sampah merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan rusaknya lingkungan, ” jelasnya.

Untuk itu melalui hari peduli sampah ini, kita hatus mampu melibas habis sampah yang ada dilingkungan kita baik dengan cara dimusnahkan maupun mendaur ulang. Berharap dari sampah yang kita ambil bisa dimanpaatkan untuk di daur ulang sehingga dapat memgurangi vulume sampah.

Pada kesempatan itu mengajak kepada warga masyarakat jaga kebersihan, seperti kita ketahui bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. “Mari kita semua melaksanakan giat bersih-bersih dilingkungan sendiri dan Pasar Keraton yang sedang kita lakukan saat ini, “ajak Udin Ansyar sapaan akrabnya H Syafrudin Noor

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin H Zain Arifin mengatakan kegiatan aksi bersih-bersih sampah dalam rangka kita memperingati hari peduli sampah nasional.

“Aksi bersih bersih sampah dilakukan bersama kurang lebih 600 orang terlibat yakni jajaran Pemerintah Kabupaten Tapin, PKK Tapin, Muspida, BUMN, Perusahaan dan masyarakat, ” katanya. Pada peduli sampah ini kita aka kelola sampah untuk hidup bersih sehat dan bernilai.

Baca Juga ==>ASN harus lebih Taat Aturan Buang Sampah

Dari hasil aksi bersih bersih sampah yang kita dapatkan kurang lebih 1.5 ton sampah dan yang bernilai untuk di daur ulang kita tukarkan dengan pupuk kompos organik produksi KSM Mitra Bakti Binuang . Aksi bersih bersih-bersih sampah dilakukan dengan menyusuri halaman pasar keraton dan saluran-saluran drenasi.

Penulis:Dillah
Editor: Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments