TRGD Kalsel akan Bangun Sekat Kanal dan Sumur Bor di Tiga Kabupaten

oleh -673 views

BANJARMASIN, kalselpos.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, musim kemarau di wilayah Indonesia bagian tengah akan tiba diawal bulan April ini.

Karena itulah, Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Kalsel sudah melakukan langkah persiapan pembuatan sekat kanal dan sumur bor di tahun 2019 ini melanjutkan program di tahun 2018 lalu.

“Pada tanggal 5 sampai 7 Maret 2019 tadi, kami dari TRGD Kalsel mengikuti rapat koordinasi di Jakarta. Salah satu yang dibahas dalam rakor tersebut menentukan lokasi pembangunan sekat kanal dan sumur bor di provinsi Kalsel,” ujar Ketua TRGD Kalsel, Saut Nathan Samosir kepada Kalsel Pos, Minggu (17/3/2019) siang.

Baca Juga ==>Waduh !!! TRGD Kalsel Gagal capai Target

Samosir yang juga menjabat sebagai  Ketua Ikatan Keluarga Batak Kalsel ini menjelaskan, di tahun 2019 pihaknya akan membangun sekat kanal dan sumur bor di tiga kabupaten yaitu Bangan, Tapin dan Hulu Sungai Utara.

“Kami akan bangun sumur bor dan sekat kanal di tiga kabupaten tersebut dengan anggaran pembangunan fisik sebesar Rp8,1 miliar. Sedangkan untuk operasional TRGD langsung dari Badan Restorasi Gambut sebesar Rp950 juta,” jelasnya.

Caleg DPRD Kota Banjarmasin Dapil Banjarmasin Barat No Urut 3 ini mengharapkan pelaksanaan pembuatan sumur bor dan  sekat kanal bisa dikerjakan sesuai target yang ditetapkan.

“Belajar dari tahun 2018, dimana target tidak tercapai 100 persen. Namun kita optimis pekerjaan yang diamanahkan kepada TRGD Kalsel tahun 2019 akan mencapai target,” terangnya.

Luasan lahan gambut di Kalsel, menurut Owner PT Lintas Jawa Group ini sejumlah 79.000 hektar. Sedangkan yang menjadi target TRGD Kalsel seluas 31.000 hektar.

Baca Juga ==>Waduh !!! TRGD Kalsel Gagal capai Target

“Kami dari TRGD Kalsel tidak bosan bosannya menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal disekitar lahan gambut untuk tidak melakukan pembakaran lahan ketika mau bercocok tanam. Kita tidak mau lagi bencana kebakaran terjadi seperti di tahun – tahun sebelumnya yang dapat merugikan kita semua,” tandasnya.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan
Penanggung Jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider