Tiga Prajurit TNI yang Gugur Dalam Kontak Senjata di Papua Dimakamkan

oleh -201 views

NDUGA, Kalselpos.com – Tiga anggota TNI gugur saat menjalankan tugas pengamanan di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua.

Mereka menjadi korban saat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB), Kamis (7/3) sore waktu setempat.

Dilansir dari LKBN Antara, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Yoshua Sembiring, menyebutkan, ketiga prajurit yang gugur tersebut adalah Sersan Dua Mirwariyadin, Sersan Dua Yusdin, dan Sersan Dua Siswanto.

Ketiganya tergabung dalam Satuan Tugas Nanggala yang sedang melakukan pengamanan pergeseran pasukan TNI untuk membantu pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah setempat.

“Benar ada laporan tentang kontak tembak. Namun perkembangannya silakan hubungi Kapendam, karena saat ini (Saya) sedang berada di luar Papua,” kata Sembiring, Kamis malam.

Sembering juga membenarkan bahwa dalam insiden kontak senjata tersebut sembilan anggota KKB tewas dan lima pucuk senjata api yang mereka gunakan berhasil diamankan.

Dari lokasi kejadian, ketiga jenazah prajurit TNI yang gugur kemudian dievakuasi ke RSUD Timika. Selanjutnya, Jumat (8/3), jenazah ketiganya dipulangkan ke tempat asal masing-masing untuk proses pemakaman.

Salah satu prajurit yang gugur, Serda Siswanto Bayu Aji telah dikebumikan secara militer di kampung halamannya, Grobogan, Jawa Tengah. Almarhum merupakan putra satu-satunya keluarga pasangan Suraedi Iskandar (64) dan Sufitri (55).

Sang ayah mengaku sangat terpukul atas kepergian putranya tersebut. Kendati demikian, Suraedi juga menyebut keluarganya tetap merasa bangga terhadap pengabdian Serda Siswanto pada negara.

Almarhum diterima sebagai prajurit TNI pada tahun 2016 dan setahun kemudian menjalani penugasan sebagai anggota Kopassus. Setelah beberapa tahun ditempatkan di Bogor, pada 21 Januari 2019 dia ditugaskan ke Papua.

Pada 3 Februari 2019, Serda Siswanto diterjunkan langsung ke wilayah rawan konflik bersenjata Kabupaten Nduga hingga kemudian gugur dalam kontak senjata.

Penulis : Didin/Ant
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments