Terdakwa Korupsi Retribusi Parkir dituntut ‘Tinggi’

oleh -668 views
ilustrasi-hukum.(net)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Ahmad Jayadi, tersangka kasus dugaan korupsi senilai Rp1 miliar dari retrebusi parkir Pasar Ulin Raya, Banjarbaru, dituntut cukup ‘tinggi’, yakni 3 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Genes SH, dalam persidangan, Selasa (5/3) lalu, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banjarmasin.

Sementara, terdakwa lain, yakni Antoni Arpan, juga dituntut tinggi, yakni 2,5 tahun penjara, atau 6 bulan lebih ringan dari tuntutan terhadap Ahmad Jayadi.

Kedua terdakwa ini,  tak lain adalah mantan pejabat di Pemerintah Kota Banjarbaru, yang tersangkut dalam kasus dugaan korupsi retrebusi parkir Pasar Ulin Raya.

Baca Juga ==>Rebutan Lahan Parkir, Kakak Beradik Tusuk Seterunya

Sekedar mengingatkan, Ahmad Jayadi dan Antoni Arpan diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi saat menjabat Kepala Dinas Perhubungan, sehingga menyebabkan kerugian negara yang ditaksir mencapai Rp1 miliar, akibat tidak disetornya retribusi parkir.

Sebelum ditahan, status keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak awal Agustus 2018 lalu.

Sebelumnya, kasus tindak pidana korupsi retribusi parkir itu menyeret dua terdakwa yang sudah menjalani hukuman yakni RLA selaku direktris utama, dan SA sebagai direktur operasional CV Nadya Pratama.

Kerugian negara akibat perbuatan keduanya sesuai perhitungan BPKP Perwakilan Kalsel mencapai Rp1,06 miliar, yang merupakan retribusi parkir tetapi tidak disetorkan ke kas negara.

Pengungkapan kasus korupsi ini bermula dari pengelolaan parkir Pasar Ulin Raya, Jalan Ahmad Yani Km 24 Kota Banjarbaru dari tahun 2010 sampai 2015, yang dikelola pihak ketiga CV Nadya.

Baca Juga ==>Rebutan Lahan Parkir, Kakak Beradik Tusuk Seterunya

Kasusnya mulai diselidiki awal 2016, dan diduga data pendapatan parkir yang setiap hari dipungut baik dari kendaraan roda dua maupun roda empat di pasar tersebut dipalsukan keduanya.

Penulis:SA Lingga
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider