Setengah jatah PPDB SMA Banua untuk Siswa Berprestasi Tidak Mampu

oleh -701 views
RDP Disdikbud Kalsel bersama anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Banua Bilingual Boarding School tahun ajaran 2019-2020, memprioritaskan calon pelajar dari keluarga miskin berprestasi sebanyak 50 persen dari total siswa.

Dengan disediakannya kesempatan besar ini tentu saja hal ini bentuk perhatian dari pemerintah Provinsi Kalsel guna pemerataan pendidikan berkualitas, artinya meski terlahir dari keluarga ekonomi kecil (kurang mampu) secara finansial bukan berarti tidak memiliki kesempatan dan harapan dalam mencapai cita-cita.

“Ini upaya jangka panjang guna memutus rantai kemiskinan dengan cara peningkatan SDM generasi penerus,” ujar kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel, HM Yusuf Effendi kepada Kalselpos.

Baca Juga ==>Jelang UNBK Siswa Terus Giat Belajar

Dikatakannya, untuk PPDB dalam pelaksanaannya tetap melihat pada mekanisme dan aturan yang ada, guna mencetak generasi handal dan berkualitas sehingga jika sudah memiliki pendidikan mumpuni bisa mengabdi dengan pekerjaan terhormat.

“Bisa saja dari SMA Banua ini lahir dokter, insinyur, atau abdi negara yang bertanggungjawab dan memiliki tarap hidup yang baik,” terangnya.

Dilain sisi Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, Yazidie Fauzy mengungkapkan, untuk PPDB diharapkan ada verifikasi data baik dari Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya.

Sebab dari hasil reses dan merespon aspirasi masyarakat beberapa waktu lalu, ternyata PPDB ini tidak tepat sasaran, oleh karena itu perlu menyelaraskan data masyarakat miskin ini dengan calon peserta didik agar memang benar-benar tepat sasaran.

“Yang jelas verifikasi data dan komisi IV ingin siswa nantinya diterima benar-benar sesuai dengan jatah 50 warga miskin,” harapnya.

Baca Juga ==>Jelang UNBK Siswa Terus Giat Belajar

Bukan itu saja pihaknya dari Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel,dari awal meminta kepada Disdikbud agar dilibatkan dalam proses PPDB ini, dan dewan ingin memastikan dalam prakteknya transfaran dan jujur,sehingga apa yang menjadi komitmen itu bisa dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan kesepakatan.

“Nanti komisi IV akan melihat kelapangan secara langsung termasuk meninjau kondisi tempat tinggal calon siswa tersebut sebelum diterima di SMA Banua,” tutup Yazidie.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider