Sektor Kelautan dan Perikanan Terus Dikembangkan

oleh -422 views

BANJARMASIN, Kalselpos,com – Sektor Kelautan dan perikanan di Kalimantan Selatan diharapkan terus ditingkatkan. Tidak lagi bicara sektor hulu tapi sudah hilirisasi agar kehidupan perekonomian nelayan bisa terus meningkat.

“Komoditas perikanan itu bisa jadi apa saja, itu yang harus kita pikirkan mengembangkan industri masyarakat.  Diperlukan pembinaan dan perhatian pemerintah. Karena keterbatasan anggaran, kita berharap pihak swasta turut mengembangkan usaha di sektor kelautan dan perikanan ini,” ujar Sekda Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie kepada wartawan usai membuka Rapat Kerja Tekhnis (Rakernis) Pembangunan Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel Tahun 2019 di Hotel Nasa Banjarmasin, Selasa (4/3/2019) kemarin.

Haris menyampaikan, Rakernis bisa mensingkronisasikan antara program yang ada di kabupaten dengan program yang ada di provinsi. “Jangan sampai ada hal yang ego sektoral. Sektor lain juga harus diintegrasikan dalam sektor kelautan dan perikanan apakah itu pariwisata, perindustrian dan perdagangan serta sektor lainnya,” ujarnya.

Menurut Haris, SKPD lain harus terintegrasi kegiatannya tidak bisa berjalan dengan sendiri – sendiri. “Pemasaran, kemasannya. Kita tidak bisa lagi banyak bicara di hulunya tapi sudah memikirkan bagaimana hilirisasinya,” paparnya.

Disampaikan Haris, kita bisa melihat di film – film bagaimana teknologi mengelola hasil kelautan dan perikanan. Kita mengajar ketertinggalan dengan memaksimalkan pengelolaannya dulu. Kemudian untuk peralatan terutama yang ada di daerah – daerah agar terus ditingkatkan agar kedepannya bisa sampai pada tahap memproduksi olahan ikan di daerah kita sendiri dari Kalsel sendiri.

“Gubernur sering ke pesisir, ke pantai bahkan menginap di Bagang untuk mengetahui apa sebenarnya masalah para nelayan kita. Ini juga yang harus menjadi bahan untuk diskusi teman – teman pada Rakernis ini,” tandasnya.

Penulis:Syahriadi
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider