Sayed Jafar  saksikan Pawai Ogoh-Ogoh

KOTABARU, Kalselpos.com – Bupati Kotabaru,  H.Sayed Jafar Al-Idrus bersama dengan rombongan menyaksikan upacara adat umat Hindu,  yaitu Pengurupukan (mengusir roh jahat) dan pawai Ogoh-Ogoh  dalam rangka menyambu Hari Nyepi dan Tahun Baru Saka 1941 di Desa Telagasari Kecamatan Kelumpang Hilir, Rabu (6/3).

H.Sayed Jafar dalam sambutannya mengatakan bahwa, sangat meaprisiasi sekali acara yang diselenggarakan dengan pawai Ogoh-Ogoh karena ini merupakan tradisi dari umat Hindu menjelang acara Hari Raya Nyepi.

Bacaan Lainnya

Ia juga menjelaskan bahwa, melalui acara kegiatan ini tentunya diharapkan akan menambah daya tarik wisatawan yang ada di Kabupaten Kotabaru, sekaligus juga menunjukkan keragaman dan kemajemukan masyarakat di Kotabaru.

“Ini merupakan khasanah budaya umat Hindu yang ada di kotabaru khususnya di Desa Telagasari yang menggambarkan bahwa masyarakat Kotabaru terdiri dari beragam suku dan agama yang hidup secara berdampingan secara harmonis yang tercermin dalam kegiatan ini,” jelasnya.

Dijelaskannya lagi, Keharmonisan ini merupakan kunci penting untuk memacu pembangunan yang kita harapkan, agar kesejahteraan dapat dirasakan nyata oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Ini harus terus kita dijaga agar menjadi kekuatan dalam membangun Kotabaru,” ungkapnya.

Disisi lain Bupati juga meminta dan mengharapkan agar nantinya kontribusi dari umat Hindu untuk dapat secara bersama-sama dalam membangun Kotabaru.

“Saya juga mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Caka 1941 bagi umat Hindu yang ada di Kabupaten Kotabaru,” ucapnya.

Untuk di bersama dalam acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Seluruh Camat se Kabupaten Kotabaru, Tamu Undangan serta ratusan masyarakat yang menyaksikan perayaan ini.

Sebelum menghadiri upacara pengurupukan ini Bupati Kotabaru beserta rombongan
terlebih dahulu menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran yang terjadi di Desa Pulau Panci Kecamatan Kelumpang Hilir.

Penulis:Muliana
Editor:A. Syaufi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait