Rusa Tutul Istana tiba di Kalsel

BANJARBARU, Kalselpos.com – Lanjutan perihal translokasi Rusa Tutul (Axis axis) dari Istana Bogor kemarin akhirnya Rabu (6/3/2019) tiba Kalsel.

Di komando Kadishut Prov Kalsel DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut.,MP, hari itu juga Rusa tutul dibawa ke habituasi yang berada di Pulau Rusa kawasan Tahura Sultan Adam.

Bacaan Lainnya

Di datangkan juga dokter hewan untuk memeriksa kondisi fisik dan psikis Rusa tersebut, diharapkan agar dalam kondisi sehat hingga ceremonial pelepasannya, Jumat mendatang.

Setelah dilakukan pengecekan kesehatan dan pengambilan sampel feses oleh dokter hewan, Rusa tutul tersebut dibawa ke Pulau Rusa Tahura Sultan Adam untuk di habituasi.

Sebelumnya Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel telah memohon dan berkoordinasi ke Sekretariat Istana Kepresidenan Jakarta dan Istana Kepresidenan Bogor perihal bantuan rusa tutul yang akan dilepasliarkan di Tahura Sultan Adam Kalimantan Selatan.

Permohonan tersebut disambut baik oleh pihak Istana Bogor dan kalsel mendapat bantuan 7 ekor terdiri dari 2 ekor jantan dan 5 ekor betina.

Proses translokasi Rusa Totol tersebut ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, misalnya harus ada persetujuan pemasokan satwa ke kalsel, Adanya Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Dalam Negeri (SATS-DN), sertifikat karantina dan yang lainnya, akan tetapi dengan semangat dan kerja keras Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel akhirnya semua dapat dilalui tanpa ada kendalan sedikitpun.

Translokasi Rusa tutul dari Kota Bogor ke Banjarbaru memerlukan waktu kurang lebih tiga hari dengan menggunakan truck dan kapal laut.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Bapak DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut.,MP juga mengawal langsung proses mobilisasi rusa ini. Dimulai dari Kantor Dishut, hingga sampai ke Pulau Rusa untuk memantau dan ikut pengecekan Rusa tutul ini bersama dokter hewan yang ditunjuk.

Selepas proses habituasi tersebut, Hanif juga memberikan arahan kepada pejabat Dinas Kehutanan dan Tahura Sultan Adam untuk terus memantau habitat dan kondisi fisik serta psikis rusa tutul tersebut.

“Rusa tutul perlu diperhatikan pakan dan nutrisi, serta di jaga kesehatannya agar bisa cepat beradaptasi dihabitat baru,” ujar Hanif.

Penulis : Anas Aliando
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait