Rakerkesda 2019, HSU Berhasil Turunkan  Stunting

AMUNTAI, Kalselpos.com – Bupati Hulu Subgai Utara (HSU), H. Abdul Wahid HK menghadiri rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel 4-7 Maret 2019 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Rakerkesda 2019 mengambil tema kolaborasi kebijkan pemerintah pusat dan daerah bergerak untuk mewujudkan Kalimantan Selatan sehat dibuka langsung Gubernur Kalsel,  H. Sahbirin Noor.

Bacaan Lainnya

Turut hadir  Bupati/Walikota se Kalsel, Kepala Dinas Kesehatan se Kalsel dan sejumlah tamu undangan lainnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI,  Nila Moeloek.

Kesempatan itu, Bupati Wahid selaku narasumber memaparkan materi AKI, AKB dan stunting, dimana AKI 2012 paling tinggi di Kalsel dengan 18 kasus dan di 2018 menjadi 5 kasus.

Sementara untuk masalah stunting di HSU juga mengalami penurunan dari 56 persen di 2013 menjadi 39,9 persen di tahun 2018. “Keberhasilan ini tidak terlepas dari strategi dan kebijakan yang diambil dalam menurunkan AKB, AKI dan Stunting,” sampainya. 

Gubernur Kalsel,  H. Sahbirin Noor mengingatkan agar masyarakat terus menggelorakan semangat untuk meningkatkan derajat kesehatan di Kalsel. 

Hal ini bisa dimulai dengan memberi makanan yang sehat dan bergizi kepada anak-anak kita untuk masa depan mereka, “Makanan yang sehat dan bergizi tidak harus mahal, karenanya hal ini bisa diusahakan agar generasi yang akan datang mampu bersaing dengan bangsa bangsa lain,” tuturnya. 

Selain itu, Gubernur mengajak masyarakat agar bisa membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mendukung terwujudnya masyarakat Kalsel sehat. 

Di akhir acara  dilakukan penandatangan komitmen bersama kolaborasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah bergerak untuk mewujudkan Kalimantan Selatan sehat oleh Gubernur Kalsel, Bupati HSU, Balangan, Batola dan HSS.

Penulis : Adiyat/Tim
Editor : A. Syaufi
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait