Pramuka pecahkan Rekor MURI, Pagelaran Tarian Massal “Lewun Itah Badengkoy”

Sabtu, 23 Maret 2019

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Masih dalam rangkaian HUT ke 213 Kota Kuala Kapuas Dan HUT Ke 68 Pemkab Kapuas, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kapuas, menggagas kembali tarian massal yang dilakukan oleh anggota Pramuka se Kwartir Cabang Kapuas, dengan tujuan memecahkan rekor dan tercatat dalam MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), Sabtu (23/3) pagi, di Stadion Panunjung Tarung, Jalan Maluku, Kuala Kapuas. Dengan penari yang terdiri pelajar dari segala tingkatan, ditambah para pembinanya, total keseluruhan berjumlah 7.111 orang.

Ketua Panitia Pemecahan Rekor Muri, H Suwarno Muriyat, menerangkan dipilihnya para pramuka adalah karena pramuka metupakan wujud ingin membangun karakter anggotanya kearah yang lebih baik, jumlah peserta pramuka sendiri yang terdaftar untuk mengikuti tari pada hari itu ada sebnayak 7.096 yang berasal dari barbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas.

Tarian Kapuas Lewun Itah sendiri adalah tarian yang terinspirasi dari seorang Women Inspirasion Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat untuk membuat kegiatan yang membangun karakter anak-anak yang lebih baik.

“Kapuas Lewun Itah sendiri mengajak  anak-anak untuk bangkit membangun karakter dan jati dirinya agar kuat membangun Kabupaten Kapuas sementara Badengkoy sendiri adalah tari pergaulan yang mana dilakukan saat suasana gembira, oleh sebab itu kami Pramuka melakukan tarian ini sebagai rasa bangga kepada Kabupaten Kapuas,” beber H Suwarno Muriyat.

Ketua Majelis Pembina cabang (Mabicab) Pramuka Kapuas, yaitu Bupati Kapuas, Ben Ibrahim S Bahat, yang didampingi isteri Ary Egahni Ben Bahat, serta Forkorpimda Kabupaten Kapuas, serta keyua SOPD, turut ikut serta dalam pergelaran tari massal Kapuas Lewun Itah Badengkoy, sehingga menambah kemeriahan di pagi itu.

Ucapan selamat datang disampaikan oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat kepada tim Muri di Kabupaten Kapuas yaitu kota AIR atau kota yang aman, indah dan ramah serta ucapan syukur karena dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat dan suasana penuh kekeluargaan dalam rangka pemecahan rekor Muri.

Pujian secara langsung juga disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu untuk para anggota Pramuka, yang menurutnya  merupakan orang-orang yang hebat karena anggota pramuka memiliki kedisiplinan dan komitmen. “Saya bangga dengan kalian, karena sudah disiplin serta berkomitmen untuk menjaga Kabupaten Kapuas. Mari kita jaga Lewun Itah atau kota kita seperti kebersihannya, keindahannya serta kenyamannya,  kalian para anak-anak adalah pemimpin masa depan” ucap Ben.

Hasil keputusan Muri sendiri, disampaikan oleh Sri Widayati, Eksekutif Manajer mewakili Ketua Umum MURI Jaya Suprana, setelah dilakukan penghitungan bahwa selain 7.096 anggota pramuka, ditambah Bupati Kapuas dan istri Ary Egahni, serta Ketua DPRD juga Forkopimda dan istri yang ikut menari, sehingga meraih pemecahan rekor MURI dengan jumlah 7.111 orang. sebagai Pemrakarsa dan Penyelenggara Pagelaran Tari Kapuas Lewun Itah Bandengkoy sehingga tercatat di Musium Rekor Dunia Indonesia.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait