Polsek CLU Gelorakan Gerakan Pindah Jamban

Jajaran Polsek CLU dan Aparat Desa dan Warga Masyarakat Sungai Salai Hilir Kecamatan Candi Laras Utara Mulai bangun jamban di darat wilayah peraian.(Dillah)

RANTAU, Kalselpos.com – Polsek Candi Laras Utara membangun Toilet percontohan berstandar sehat di kawasan perairan atau rawa, sebuah terobosan baru mengubah kebiasaan warga masyarakat setempat dari menggunakan jamban di sungai pindah kedarat.

Pembangunan toelit bertandar sehat di mulai di Desa Sungai Salai Hilir Kecamatan Candi Laras Utara. Senin (25/3) kemarin.

Bacaan Lainnya

Kapolsek CLU Ipda Indra Wahyu SH menjelaskan pembangunan jamban standar sehat ini dilatarbelakangi kondisi alam dan kehidupan masyarakat candi laras utara didominasi hampir 85 persen adalah perairan/ sungai, sehingga dalam kehidupan sehari hari membuang kotoran menggunakan jamban menyatu dengan lanting disungai.

Baca Juga ==>Kepindahan Kapolsek Kapuas Hilir Mengundang Keharuan

Untuk itulah kami dari kepolisian CLU mencoba merubah kebiasaan warga masyarakat pindah menggunakan jamban dari sungai ke darat

“Program pembangunan ini kegiatan “Gerakan Pindah Jamban dari Sungai ke Darat,” kenapa saya beri nama gerakan, sebab kami tidak saja membangun fisik jamban, tetapi juga mengedukasi mindset atau pola pikir masyarakat, agar tidak lagi membangun jamban di bantaran sungai dan mengarahkan kedepan agar membangun jamban di darat.

Pembangunan jamban sehat berstandar kesehatan ini atas kerjasama dengan CSR PT Hasnur dan PT KPP. Adapun pembangunan jamban dibikin standar, yaitu ruang jamban lebih luas, dilengkapi air ledeng, sabun dan bilik pria dan perempuan terpisah, serta jamban itu selalu dijaga kebersihannya.

Berharap pembangunam jamban berstandar ini akan menjadi pilot project untuk desa-desa lainnya, karena saat ini ada dana desa di setiap desa mudahan dapat memprogramkan membangun jamban/toilet umum tersebut, sehingga warga masyarakat yang hidup di perairan tidak lagi membuang kotoran ke sungai melainkan ke toelit-toelit yang sudah dibangun.

Adanya jamban-jamban di darat sungai- sungai menjadi bersih, enak dipandang dan warganya sehat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit diare, muntaber dan gatal-gatal, “pungkasnya.

Baca Juga ==>Kepindahan Kapolsek Kapuas Hilir Mengundang Keharuan

Penulis:Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait