Pers Harus Mengawal Kinerja Pemda

oleh -462 views
Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kalsel Heriansyah memberikan cendramata kepada Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Kemenpan RB, Teguh Widjinarko dalam kunjungan bersama wartawan pemprov Kalsel ke Kantor Kemenpan RB, Senin siang.(Anas Aliando)

JAKARTA, Kalselpos.com – Pers harus mengawal kinerja pemerintah daerah. Pers juga harus ikut berkontribusi mewujudkan good governance dalam era keterbukaan saat ini.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Kemenpan RB, Teguh Widjinarko ketika menerima kunjungan wartawan pemprov Kalsel di Kantor Kemenpan RB Jalan Sudirman Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019) siang.

“Pers bisa mengambil peran ikut mengawal program prioritas pembangunan mulai perencanaan sampai eksekusi anggaran. Perencanaan program harus bermanfaat positif bagi masyarakat, tidak sekedar proyek semata. Selain itu, pers bisa mengawasi kerja antar SOPD apakah tumpang tindih atau saling sinergi menguatkan,” ujarnya.

Baca Juga ==>Dewan Pers: Beritakan “Kelebihan” Caleg adalah Tanggung Jawab Moral

Teguh mengharapkan, Pers perlu memperhatian agenda setting dan agenda lainnya. Perencanaan program  harus betul-betul untuk kemanfaatan masyarakat. Apakah ada efisiensi dan efektifitas anggaran, program yang ditentukan SOPD harus bermanfaat juga bagi pemerintah daerah.

“Apalagi Pemprov Kalimantan Selatan mendapat status Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) nilai A sebagai pertanda perencanaan kinerja sudah baik. Untuk mempertahankan nilai A atau menaikkan ke AA,  perlu peran wartawan ikut mengawal kerja pemerintah daerah,” cetus Teguh.

Dia berujar,  tumpang tindih tupoksi antar SOPD jadi salah satu indikasi kerja pemda tidak optimal dan cenderung inefisiensi. SOPD harus sinergi saling melengkapi. Sekarang money follow program. Ini yang kami ingin tuju ke sana dalam kelembagaan.

“Diperlukan dasar regulasinya agar kebijakan pemda punya dasar yang baik. Tidak sekedar merumuskan, tapi ikut melibatkan warga. Pers harus terlibat agar ada masukan positif, kami ingin good respiratory government,” papar Teguh.

Teguh mengingatkan, sosok kepala daerah punya peran penting dalam reformasi birokrasi. Pemprov Kalsel mesti menularkan pengelolaan SOPD ke pemerintah kabupaten/kota di provinsi setempat.

Baca Juga ==>Dewan Pers: Beritakan “Kelebihan” Caleg adalah Tanggung Jawab Moral

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Heriansyah mengatakan, kunjungan ini bertujuan menambah wawasan insan pers yang ngepos di pemprov Kalsel di era industri 4.0.

“Wartawan yang ikut sebanyak 22 orang berasal dari media cetak, elektronik dan online yang sudah menjalin kerja sama dengan pemprov Kalsel. Kami sangat butuh masukan dan kritikan dari media untuk Kalsel yang maju dan terdepan,” ujarnya.

Penulis: Anas Aliando
Redaktur: Aspihan Zain
Penanggung Jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider