Penerima Jamkesda Banjarmasin akan Dihapus

oleh -541 views
Noor Latifah

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Anggota Komisi IV DPRD Banjarmasin, Noor Latifah sedikit kaget, sebab muncul informasi adanya layanan Jamkesda yang akan dihapus. Menyusul kebijakan Permendagri yang mewajibkan integrasi Jamkesda ke JKN, yang artinya layanan Jamkesda beralih ke BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu, ia berharap, warga miskin penerima Jamkesda tersebut benar-benar tercover di BPJS Kesehatan. “Jangan ada yang tercecer, sehingga layanan kesehatan bagi yang tidak mampu benar-benar dirasakan masyarakat,” ujar Noor Latifah, Senin (18/3) kemarin.

Sebab jelasnya, ada sebanyak 800 warga miskin Banjarmasin yang menerima Jaminan Sosial Kesehatan Daerah (Jamkesda), tidak lagi menikmati layanan itu di tahun 2020 nanti.

“Ini tentu harus diantisipasi sedini mungkin, agar ke depan tidak menjadi masalah baru,” ungkapnya.

Terpisah, Kasi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Banjarmasin, Arifah menegaskan, hal tersebut sesuai dengan Permendagri, yang tidak mengizinkan adanya Jamkesda.

“Saya lupa Permendagri nomor berapa. Tapi pada 2020 kami tidak diizinkan lagi untuk menganggarkan Jamkesda,” ujar Arifah.

Sehingga bebernya, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, penerima Jamkesda harus tercover Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).

“Kalau tidak akan dipermasalahkan, dengan dengan catatan harus tercover di JKN karena itu diatur dalam Permendagri,” sebutnya.

Arifah juga menyebutkan, di Banjarmasin ada sebanyak 800 penerima layanan Jamkesda. Untuk terdata di JKN, penerima Jamkesda Banjarmasin harus dilakukan pendataan ulang lewat Dinas Sosial Banjarmasin.

“Sebab, ranah Dinas Kesehatan hanya membayarkan iurannya, tapi pendataannya Dinas Sosial yang bergerak,” terangnya.

Setelah itu, Dinas Sosial menyampaikan data kepada pihak BPJS yang kemudian dilakukan verifikasi.

“Jika warga miskin itu dinilai murni layak dan belum memiliki jaminan, bisa masuk dalam tangungan dinas kesehatan,” tutupnya.

Penulis:Aspihan
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider