Olahraga Adu Panco mulai Digalakan

oleh -518 views
Adu Panco atau Gulat Tangan mulai memasyarakat (Ahmad Fauzie)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Untuk menggalakan kembali olahraga tradisional Panco di Kota Seribu Sungai, Pengurus Persatuan Olahraga Gulat Tangan Indonesia (POGTI) Kota Banjarmasin, terus mensosialisasikan olahraga ini kepada masyarakat terutama di tempat-tempat yang dianggap banyak berkumpulnya masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua Umum POGTI Kota Banjarmasin, Rivan Jaya, usai Kepengurusannya dilantik di DC Cafe & Food Jalan Sungai Mesa Banjarmasin, Sabtu (16/3/2019).

“Seperti biasa kita akan melakukan sosialisasi yang biasa setiap minggu kita lakukan di Siring Pere Tendean, karena disiringlah, masyarakat Banjarmasin paling banyak berkumpul setiap minggunya,” ungkap Rivan.

Selain itu pihaknya juga akan menggelar event kejuaraan nasional di Banjarmasin yang rencana akan di helat pada 27 April 2019.

“Ya kita akan menggelar kejuaraan nasional di Banjarmasin pada 27 April, ini sekalian untuk mencari bibit bibit baru ada 20 orang atlet Banjarmasin yang telah kami persiapkan termasuk satu orang atlet putri,” tandasnya.

Pelantikan Pengurus POGTI Kota Banjarmasin yang resmi dilantik Ketua Pengurus POGTI Provinsi Kalsel, Yudha Pribadi ini, dihadiri Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin, Fahruraji, Ketua FORMI Kota Banjarmasin Hj.Titin Rosmiatie Imran.

Sementara beberapa pengurus inti lainnya yang mendampingi Ketua Umum,adalah Wakil Ketua Umum Yenny Frida Luntungan, Bendahara Inayatul Rahmi, Sekretaris, Iwan Gunawan, Wakil Sekretaris, Ferdinandus, dan Wakil Bendahara Gusmiyati Sutono Putri.

Plt Dispora Kota Banjarmasin Fahruraji mengapresiasi dan menyambut positif adanya bentuk kepedulian masyarakat dalam memasyarakatkan olahraga.

“Ya yang jelas pemerintah kota dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin menyambut positif adanya bentuk kepedulian masyarakat kita yang turut memasyarakatkan olahraga seperti Gulat Tangan atau Panco salah satu olahraga yang berada di bawah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat atau FORMI,” paparnya.

Saat ini antusias masyarakat Banjarmasin terhadap olahraga panco sangatlah tinggi, bahkan banyak Gym yang sudah mau membuat meja panco.

Meja Panco memang dirancang khusus untuk olahraga adu otot tangan. Kebanyakan atlet yang mengalami cedera atau patah tangan itu disebabkan tidak mengerti panco atau berpanco di meja yang bukan meja khusus panco.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments