Kegiatan Reses Dewan dilaksanakan Usai Pemilu

oleh -384 views
RESES – Kegiatan reses DPRD Banjarmasin, biasanya dilaksanakan pada bulan April. Namun kini ditunda hingga akhir bulan setelah Pemilu berlangsung.(dokumen)

“Sebab rata-rata anggota legislatif mencalonkan lagi. Kalau kita buat kegiatan reses sebelum Pemilu, khawatirnya dapat teguran Bawaslu”

 

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Suprayogi mengungkapkan, pihak DPRD setempat menjadwalkan menggelar reses atau penyerapan aspirasi masyarakat, setelah pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, untuk menghindari prasangka ada politisasi di dalamnya.

“Sebab rata-rata anggota legislatif mencalonkan lagi. Kalau kita buat kegiatan reses sebelum Pemilu, khawatirnya dapat teguran Bawaslu,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Suprayogi, kemarin.

Menurutnya, dikhawatirkan muncul prasangka pada kegiatan yang rata-rata diikuti petahana sebagai Caleg ini, sebagai kampanye terselubung.

“Tentunya banyak Caleg dari partai-partai baru yang juga mencurigai pastinya,” imbuh politisi PDIP tersebut.

Sehingga tekannya, menghindari hal itu, maka lebih baik kegiatan reses atau masa di mana DPRD melakukan kegiatan di luar masa sidang untuk menjaring aspirasi masyarakat yang dapat pembiayaan APBD, diselenggarakan usai Pemilu.

“Biasanya memang di bulan April, tapi karena ada Pemilu pada tanggal 17 April itu, biar di akhir bulan saja nanti,” bebernya.

Pihaknya mengakui, kegiatan reses yang dilaksanakan menjadi berat, karena banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan pada reses terlebih dulu tidak terakomodir di program pembangunan Pemko setempat.

“Makanya kita minta pemerintah kota untuk benar-benar serius merealisasikan pokok pikiran kita dari aspirasi masyarakat dalam pembangunan, karena kalau tidak demikian, kami sering dapat kritik di lapangan saat reses,” terangnya.

Terlebih tambahnya, ini adalah tahun akhir mereka menjabat sebagai anggota legislatif untuk periode 2014-2019 pada September nanti.

“Harapan kita tugas memperjuangkan aspirasi masyarakat dapat terealisasi semuanya,” tandasnya.

Penulis : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider