Kaum Milenial Jangan Bersikap Apatis Terhadap Politik

oleh -738 views

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengharapkan pemilih pemula pada Pemilu 17 April 2019 tidak bersikap apatis terhadap politik atau malas datang ke TPS karena kebingungan dalam menentukan pilihannya. Sebab satu suara sangat menentukan nasib bangsa 5 tahun kedepan.

Harapan tersebut disampaikan kepada  500 pelajar yang berasal dari SMA di kota Banjarmasin dan sekitarnya yang mengikuti Sosialisasi pemilu bagi pemilih pemula yang dilaksanakan Badan kesatuan bangsa dan politik provinsi Kalsel bertempat di Gedung Mahligai Pancasila, Kamis (14/3) kemarin.

“Ingat, dalam menata perubahan suatu bangsa, hendaknya setiap pemuda harus sensitif terhadap isu – isu sosial, hukum, budaya dan politik. Sebab jika tidak, isu – isu hoax yang berkaitan dengan politik akan terus diproduksi dan akan mempengaruhi para pemilih pemula untuk bersikap skeptis dan apatis,” ujarnya.

Namun gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin ini optimis, generasi muda yang ada di Povinsi Kalsel adalah pemilih yang lebih mengedepankan rasional ketimbang emosional, paham terhadap isu – isu politik, cerdas, dan dapat menentukan pandangan dan sikap politiknya tanpa mau diintervensi oleh siapapun.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan sosialisasi pemilu yang dilakukan siapapun, baik komunitas, lembaga swasta maupun lembaga – lembaga negara di lingkungan Provinsi Kalsel,” cetusnya.

Gubernur menyampaikan, generasi  muda adalah aset bangsa yang terus menjadi motor penggerak perubahan  di setiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus mendapat perhatian kita semua.

“Seperti kita ketahui, data – data menyebutkan mengenai jumlah pemilih pemula berjumlah sekitar 7 juta jiwa dari total pemilih yang mencapai 196,5 juta jiwa,” imbuhnya.

Gubernur mengungkapkan, ada sekitar 100 ribu orang pemilih pemula yang ada di provinsi Kalsel. Yang terbanyak di Kabupaten Banjar dengan jumlah 31.512 jiwa, disusul Kabupaten HST 16.037 jiwa dan kabupaten Tapin sebanyak  12.485 jiwa.

Penulis:Anas
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider