Jembatan “titian” Kawasan Pinggiran banyak Memprihatinkan

oleh -642 views

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Anggota DPRD Kota Banjarmasin H Zainal A Husni mengungkapkan, jembatan “titian” atau jembatan berkonstruksi kayu yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua di daerah ini, masih banyak yang memprihatinkan. Kondisi ini banyak terjadi di pemukiman padat di pinggiran sungai.

“Kalau di lihat masih banyak bangunan jembatan titian itu yang sudah lama, bahkan kondisinya memprihatinkan,” ujar Zainal.

Seperti di daerah pemilihannya, Banjarmasin Timur khususnya di daerah Sungai Lulut, ada sebagian jembatan titian yang harus segera diperbaiki.

“Misalnya di Sungai Lulut untuk wilayah RT 07, ada jembatan titian yang kondisinya sudah sangat memperihatinkan,” ungkap politisi PKB ini.

“Karena jembatan itu menghubungkan beberapa RT, jadi sangat vital fungsinya, Pemerintah kota lambat memperbaikinya, sehingga saya bangunkan dengan biaya pribadi,” ucapnya.

Dengan bangunan jembatan permanen atau berkunstruksi beton, lanjut Zainal, maka kini jembatan itu sudah bisa dilalui kendaraan roda empat.

Memang, tutur dia, kondisi pemukiman padat penduduk di ibu kota provinsi ini dengan akses jalan yang sempit, membuat banyak yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Memang kita pikirkan lagi ini delema, sebab mereka sudah tinggal turun temurun di daerah itu, sehingga untuk penataannya sangat sulit,” cecarnya.

Pihaknya berharap, pemerintah kota dalam hal ini tingkat kelurahan dan kecamatan sering ke lapangan untuk melihat kondisi pembangunan di daerah pinggiran sungai.

“Ke depan harus ada solusi baik untuk peningkatan pembangunan di daerah pinggiran sungai ini, sebab kalau dibiarkan demikian, pemandangan kekumuhan kota ini sulit dihilangkan,” ingatnya.

Penulis : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider