Jamaah Langgar Darul Iman Teluk Tiram peringati Isra Mi’raj

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sebagai bentuk kecintaan umat muslim terhadap Nabi Besar Muhammad SAW yang telah mengalami dua peristiwa besar dalam satu malam, yakni Isra dan Mi’raj, diberbagai wilayah setiap tahunnya selalu diperingati umat Islam.

Seperti halnya Warga Teluk Tiram Darat Gang Tiga Empat Kelurahan Teluk Tiram Banjarmasin yang menggelar peringatan Isra Mi’raj pada Minggu malam, (17/3/2019). Diiringi tabuhan rebana dan syair Maulid Habsyi yang di bawakan rombongan Maulid Habsyi Al Faruk, mengawali jalannya pelaksanaan peringatan Isra dan Mi’raj.

Bacaan Lainnya

Peringatan Isra mi’raj di Langgar Darul Iman Teluk Tiram Banjarmasin ini terasa khidmat, saat kumandang ayat-ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan Qori Muhammad Iqbal.

Baca Juga ==>Dihadiri Tiga Habib, Majelis Ta’lim Nur Arina adakan Peringatan Isra Mi’raj

Dalam ceramahnya, Muhamad Rizal Fathoni menceritakan riwayat perjalanan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW. Dua peristiwa ini terjadi pada waktu yang bersamaan maka disebutlah Isra Miraj. Isra merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem.

Sedangkan Miraj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam. Al-Quran telah menempatkan Masjid Al-Aqsha dalam kemuliaan, terlebih saat terjadinya peristiwa Isra Miraj.

Peringatan Isra Mi’raj di Langgar Darul Iman Jalan Teluk Tiram Gang Tiga Empat Banjarmasin (Ahmad Fauzie)

Hikmah yang dapat diambil dalam isi ceramah ini,diantaranya, mengetahui sejarah besar Isra Mi’raj tentang perintah salat lima waktu dan pentingnya bersalawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW,serta mengajarkan keharusan untuk beradab terhadap orang tua.

Tokoh masyarakat setempat,Iderus mengatakan, semangat gotong royong serta partisipasi warga dalam melaksanakan kegiatan peringatan Isra Mi’raj ini, merupakan hal yang membudaya di masyarakat Gang Tiga Empat Teluk Tiram Banjarmasin.

“Peringatan Isra Mi’raj yang selalu dibarengi dengan Aqiqah ini, dilakukan dengan sistem arisan sehingga warga yang tidak mampu pun dapat melaksanakan aqiqah,” ungkap Iderus.

Baca Juga ==>Dihadiri Tiga Habib, Majelis Ta’lim Nur Arina adakan Peringatan Isra Mi’raj

Langgar Darul Iman juga memiliki majelis yaitu Majelis Al Barokah dimana secara kontinyu melakukan
pengajian tausiah rutin dua kali dalam sepekan serta Yasinan.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait