Hj Ratna Gencar Sosialisasikan Pencegahan Stunting

KUNJUNGAN-Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin kunjungi Desa Sawaja Kec CLU pencegaham stunting.(Dillah)

RANTAU, Kalselpos.com – Dalam rangka membangun pola pikir dan kesadaran masyarakat, baik kesehatan, pendidikan warga masyrakat hidup di daerah perairan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin kunjungi Warga Desa terpencil yakni Desa Sewaja Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin.

Selasa (26/3) Ketua Tim Penggerak PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan bersama rombongan naik kelotok dengan menempuh selama 2 jam di perairan sungai.

Bacaan Lainnya

Kunjungan tersebut difokuskan memberikan pemaham ibu-ibu hamil agar tidak terjadi stunting.

“Karena dengan menjaga gizi, kita bisa menghindari stunting (gagal tumbuh kembang anak),” ucapnya di depan masyarakat Desa Sawaja.

Dijelaskan Hj Ratna bahwa stunting adalah gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki postur tubuh pendek yang jauh dari anak lain di usia sepantarannya.

Oleh sebab itulah, untuk ibu-ibu hamil agar menjaga gizinya, agar anak kita nantinya lahir secara normal, jelas Hj Ratna Ellyani.

Salah satu faktor utama yang menyebabkan stunting adalah asupan gizi anak yang tidak memadai ketika masih balita. Karena itulah mencegah stunting bisa dilakukan sejak dini saat masa kehamilan.

“Jadi saya tekankan lagi pada masa kehamilan penting meningkatkan asupan gizi, terutama zat besi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Ketua TP PKK Tapin juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatannya, karena sekarang ini perpindahan dari musim hujan ke musim panas.

Tentu penyakit-penyakik seperti diare dan muntaber akan timbul, kalau kita tidak bisa menjaga kesehatannya.

Untuk menghindari hal tersebut menghimbau kepada warag masyarajat agar menggunakan air bersih untuk kebutuhan hidup, terlebih dahalu air harus direbus sampai benar-benar matang baru di konsumsi.

Camat CLU, H Parianata mengucapkan terimakasih kepada rombongan TP PKK Tapin yang datang ke pelosok desa dalam rangka memberikan pencerahan prilaku pola hidup betsih dan sehat kepada warga, khususnya ibu-ibu hamil.

Berharap warga masyarakat kami bisa memahami pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat dan menjalankan apa yang menjadi arahan TP PKK Kabupaten Tapin.

Pada kegiatan itu juga, Hj Ratna menyerahkan bantuan alat permainan edukatif (Ape) luar dan dalam kepada anak-anak TK Mekar Sari Desa Sawaja

Penulis : Dillah
Editor : Wandi
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait