Fikry Lantik 50 Pejabat Fungsional‎

oleh -624 views
MELANTIK - Bupati HSS, Achmad Fikry, melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat fungsional di lingkup Pemkab HSS.(Sofan)

KANDANGAN, Kalselpos.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, melantik 50 pejabat fungsional Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Selasa (26/3).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional PNS adalah yang pertama kali dilakukan oleh Bupati Fikry, setelah dilantik sebagai bupati oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Rabu (19/9/2018) lalu, di Gedung Mahligai Pancasila, di Banjarmasin.

Kepala BKD dan Diklat Kabupaten HSS, Zulkipli, mengatakan, 50 pejabat fungsional yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya, terdiri dari penilik 4 orang, guru 12, P2UPD 6, ‎Pol PP 10, arsiparis 1, pustakawan 1, bidan 4, penyuluh pertanian 6, dan pengadaan barang dan kasa 6 orang. “Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan PNS fungsional ini yang pertama dilakukan dilingkup Pemkab HSS setelah bupati dilantik,” ujarnya.

SUMPAH JABATAN- Para pejabat fungsional disumpah oleh rohaniawan saat pelantikan yang dilakukan oleh Bupati HSS, Achmad Fikry.(Sofan)

Menurutnya, terhitung 19 Maret 2019 telah memasuki waktu 6 bulan setelah bupati dan wakil bupati dilantik, sehingga dapat melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat tanpa didahului ijin dari Kemendagri RI. “Karena sudah memasuki 6 bulan, bupati sudah bisa melantik tanpa didahulukan ijin dari Mendagri,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS, Achmad Fikry, mengatakan, jabatan fungsional bukan jabatan tugas dan fungsi berkaitan dengan pelayanan fungsional yang bersadarkan keahlian.

Karena itu, pejabat-pejabat fungsional harus belajar dan mengikuti perkembangan peraturan perundang-undangan.  “Inilah yang membedakan pejabat fungsional dengan struktural. Pejabat fungsional harus menunjukan keahlian yang profesional untuk mengawal pembangunan,” ujarnya.

Selain ahli, kata Fikry, pejabat fungsional harus mempunyai keterampilan, karena menjadi tempat orang-orang bertanya. “Dalami tugas-tugas pokok masing-masing, baik guru, penilik, penyuluh, arsiparis, bidan dan penyuluh, Pol PP, putakawan, dan pengadaan barang dan jasa” ujarnya.
‎‎
Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider