Dukung Pendidikan Keagamaan Pemkab HSS Bakal Hibahkan SDN Kandangan Kota 6

oleh -1.341 views

KANDANGAN, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berencana menghibahkan SDN Kandangan Kota 6, untuk ‎Yayasan Raudhatul Ghanna Annabawiyyah Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan‎ yang dipimpin oleh KH Ahmad Syairazi.‎

‎Untuk membahas rencana hibah SDN Kandangan Kota 6 tersebut, Bupati HSS, Achmad Fikry, bersama Wakil Bupati, Syamsri Arsyad, didamping. Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten HSS, Muhammad Noor dan‎ Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS, Nordiansyah, dilaturahmi dengan Pimpinan Pimpinan Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan KH Ahmad Syairazi yang akrap di sapa Guru Syairazi, dan para orang tua murid, di mushala , Rabu (6/3).

Bupati HSS, Achmad Fikry, mengatakan, rencana memberikan lahan dan bangunan SDN Kandangan Kota 6, untuk mendukung program pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Dalam Pagar, sehingga daya tampungnya santri bisa lebih banyak lagi.

Nanti, kata Fikry, siswa/siswi yang bersekolah di SDN Kandangan Kota 6 bebas memilih kemana mereka ingin pindah asal tetap sekolah. “Kepindahan siswa/siswi semua akan difasilitas ‎oleh Pemkab HSS, asal tidak keluar daerah,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS, Nordiansyah, pembahasan rencana hibah lahan dan bangunan SDN Kandangan Kota 6 sebagai tindak lanjut, permohonan‎ yang disampaikan oleh pihak Yayasan Raudhatul Ghanna Annabawiyyah.‎
‎‎
Dikatakan Nordiansyah, rencana hibah  dilakukan sesuai dengan visi dan misi Pemkab HSS 2018-2023, yaitu meningkatkan aksesibilitas layanan publik dan melihat dari semakin meningkatnya layanan pendidikan keagamaan di Pondok Pesantren Dalam Pagar.

Nah, untuk mendukung pendidikan keagamaan tersebut, Pemkab HSS akan memberikan lahan dan bangunan SDN Kandangan Kota 6 untuk ‎Yayasan Raudhatul Ghanna Annabawiyyah. “Rencana h‎ibah tanah dan bangunan SDN Kandangan Kota 6 sudah dianalisasi dan dipelajari. Untuk perpindahan siswa tidak menjadi masalah‎ dan menjadi tanggungan Dinas Pendidikan,” ujarnya.

Ia mengatakan, ‎kepindahan siswa/siswa yang berjumlah 156 dari kelas 1-6 tersebut, diprioritaskan untuk pindah ke SDN Kandangan Kota 2, SDN Kandangan Kota 4, SDN Kandangan Kota 7, SDN Kandangan Utara 2, SDN Kandangan Utara 3, Kandangan Utara 4 dan Kandangan Barat 5. “Tujuh sekolah itu yang menjadi prioritas kepindahan siswa/siswi SDN Kandangan Kota 6,” ujarnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan, Guru Syairazi, mengatakan, Pondok Pesantren Dalam Pagar dibangun 2010 lalu, yang kemudian berkembang dengan jumlah santri 3.000 dengan prioritan warga HSS 80 persen dan sisanta dari luar daerah.

Menurutnya, rencana hibah lahan dan bangunan SDN Kandangan Kota 6 akan dijadikan tempat bejalar bagi santriwati.”Alhamdulillah, hibah ini akan mempermudah dan memperlancar proses belajar mengajar di pondok pesantren,” ucap Guru Syairazi.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggu Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider