Dishut Giat Persiapan Hari Bhakti Rimbawan 2019

BANJARBARU, Kalselpos.com – Dalam rangka penanaman serentak peringatan Hari Bhakti Rimbawan 2019  Jumat besok, gabungan staf BPTH dan Bid. PDASRHL Dishut Provinsi Kalsel lakukan giat persiapan di Miniatur Hutan Hujan Tropika, Kamis (7/03/2019). Tahap persiapan ini, BPTH juga kerahkan seluruh tenaga hariannya.

Kepala BPTH, Ainun Jariah S.Hut, mengatakan giat ini merupakan arahan langsung Kadishut Kalsel, Dr. Hanif Faisol Nurofiq saat rapat persiapan sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Kita kebagian siapkan lubang, ajir dan 2 ribu bibit sengon sekaligus pupuk dasarnya di tiap lubang tanam, tak kepalang tanggung excavator diturunkan untuk melubang, sedangkan tenaga harian buat pasang ajir dan distribusi bibit ke lubang tanam,” ujarnya.

Disamping tenaga lepas MH2T, tenaga persemaian juga dilibatkan dalam giat ini. Saat giat berlangsung, Fathimatuzzahra, S.Hut, MP. Kabid PDASRHL yang memimpin kegiatan sesuai perintah Kadishut, menjelaskan diturunkannya segenap staf BPTH dan Bid. PDASRHL bertujuan membantu persiapan besok sekaligus gotong royong pembersihan lahan.

“Pemasangan venue utama terus di pantau, sound system, termasuk pemasangan plang penanaman, persiapan cangkul, ember, dan spanduk, bahkan umbul umbul kita pasang,” terang Aya sapaannya.

Dalam pelaksanaan acara besok, lebih lanjut Aya menerangkan bahwa penamanan serentak akan libatkan seluruh unsur Muspida Kalsel termasuk Gubernur selain tamu undangan dari UPT Kementerian LHK.

Tampak pula perwakilan BPDASHL Barito, UPT Kementerian LHK yang membidangi rehabilitasi hutan, menurunkan tim dipimpin oleh Rahmat Razali, S.Hut yang membantu peralatan tanam seperti cangkul dan plang penanaman.

Sejatinya penanaman besok merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Bhakti Rimbawan ke 36 yang mengusung tema “Bekerja Untuk Hutan, Hutan Untuk Rakyat”.

Rangkaian kegiatannya sendiri antara lain lomba antar Instansi Kehutanan seperti volley ball, tenis lapangan, badminton dan tarik tambang, kajian ilmiah, santunan panti asuhan sekaligus Family Gathering pada 17 Maret mendatang, perang sampah yang telah dilaksanakan pada 4 Maret kemarin bersama BKSDA di Pantai Batakan, serta pelepasliaran satwa di Tahura Sultan Adam.

Kekompakan dan kerjasama tim nampak terlihat jelas pada giat ini, walaupun berbetulan di tanggal merah Hari Raya Nyepi.

“Yang jelas, kita semaksimal mungkin siapkan agar besok harinya penanaman berjalan sempurna”, tandasnya.

Penulis : Anas Aliando
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait