Disdik HSS Tingkatkan Akses Lalayan Pendidikan di Loksado

KANDANGAN, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pendidikan setempat, meningkatkan akses layanan pendidikan di wilayah Kecamatan Loksado.

Bacaan Lainnya

Akses layanan pendidikan ditingkatkan untuk mempermudah bagi peserta yang mengikuti Ujian Nasiolan Berbasis Komputer (UNBK)‎. “Mulai tahun ini SMP Loksado tidak ujian ke Kandangan lagi. Kita sudah siapkan fasilatan UNBK,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS, Nordiansyah, Senin (18/3).

Sebelumnya, kata Nordianyah, peserta ujian yang berasal dari SMP Loksado ujiannya selalu ke sekolah di Kandangan ‎yang memiliki fasilatan UNBK, kecuali SMP Malinau.

Namun, mulai tahun ini tidak lagi, karena sudah disiapkan fasilitas UNBK yang didukung dengan jaringan internet. “Untuk SMP Malinau kami usulkan UNBK nanti di SMP Loksado, sehingga tidak jauh ke Kota Kandangan,” ujarnya.

Untuk memantapkan UNKB, kata Nordiansyah, pihaknya mengimbau kepada sekolah melakukan simulasi mandiri, selain simulasi try out yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan HSS. “Simulasi UNBK mandiri, kami minta dilakukan secara terjadwal, setelah pelaksanaan simulasi try out UNBK pada 18-19 Maret ini,” ujarnya.

Tahun ini pelaksanaan UNBK dilaksanakan di 14 sekolah, yakni di SMPN 1 Kandangan, SMPN 2 Kandangan, SMPN 3 Kandangan, SMPN 4 Kandangan, SMPN 1 Padang Batung, SMPN 1 Loksado, SMPN 2 Angkinang, SMPN 1 Daha Utara dan SMP SMP IT Qurrata A’yun, di SMAN 1 Kandangan, SMAN 2 Kandangan, SMAN 3 Kandangan, SMAN 1 Simpur dan SMKN 2 Kandangan. “Tahun ini UNBK jenjang SMP diikuti 1.688 peserta dari 37 sekolah se-Kabupaten HSS,” ujarnya.‎

‎Sementara itu, Kepala SMP Loksado, Artani, mengatakan, siswa/siswi yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 86 peserta yang akan dibagi dalam tiga sesi, menyesuaikan dengan jumlah pasilitas UNBK yang diberikan oleh Dinas Pendidikan sebanyak 25 unit komputer.

Dikatakannya, peserta yang akan mengikuti UNBK sampai saat ini terus diberikan les tambahan, sehingga lebih manta saat menghadapi ujian berbasis komputer. “Kami harap, saat pelaksanakan UNBK jaringan internet baik, sehingga ujian bisa berjalan lancar, ” harapnya.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait