Cegah, Ibu Meninggal saat Melahirkan

oleh -785 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Diawal tahun 2019, tepatnya tanggal 13 Januari lalu, seorang ibu bernama Rina, istri dari aparat desa di Kecamatan Bataguh, meninggal dunia saat melahirkan kendati sempat di bawa ke rumah sakit.

“Saya harap peristiwa seperti ini, jangan sampai terulang lagi. Dimana saat itu, pasien melahirkan dengan bantuan tenaga bidan kampung,” ujar Bidan Anna Sudarwatik, saat Lokakarya mini lintas sektor di Puskesmas Pulau Kupang, Jalan Pematang Sawang Desa Sei Lunuk, Kecamatan Bataguh, Kamis (27/2).

“Faktor gangguan transportasi air (klotok) yang kita gunakan, serta kurangnya alat yang digunakan saat pasien didalam angkutan air, salah satu penyebab pasien tidak tertolong,” terangnya.

Baca Juga ==>Baznas dampingi Ibu Melahirkan dari Warga Miskin

Camat Bataguh, Budi Kurniawan mengingatkan, hal yang terpenting dalam membantu pasien, baik yang melahirkan atau kasus lainnya, adalah adanya tiga siap, yaitu siap data, siap peralatan dan siap personel atau tenaga yang menangani.

“Siap data, artinya mendata pasien umpama ibu hamil yang sudah dekat waktu partus, atau pasien lainnya agar mudah penanganan, siap peralatan biar semua teratasi diawal penanganan sebelum ke rumah sakit, dan siap tenaga, atau orang yang beri pertolongan,” beber Budi Kurniawan.