Camat Berharap Adanya Integrasi Antar Stake Holder

BATULICIN, Kalselpos.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Sungai Loban dilaksanakan dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja (RKP) Tanah Bumbu Tahun 2020 yang berasal dari Daftar Usulan (DU) RKPDes 17 desa, Selasa (12/3).

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan, musrenbang dihadiri oleh unsur muspida, para kepala dinas, unsur muspika Sungai Loban yakni camat, kapolsek dan danramil, pimpinan lintas sektoral, para kepala desa beserta perangkat, TP PKK kecamatan dan desa, kepala sekolah serta pimpinan perusahaan di wilayah Kecamatan Sungai Loban.

Bacaan Lainnya

Camat Sungai Loban, Samsir, SE MAP dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran para kepala dinas, ini merupakan bentuk apresiasi karena hari ini banyak dihadiri langsung oleh kepala dinas dan perwakilan Dinas.

Baca Juga ==>Dewan Usulkan bangun SPBU di Tiap Kecamatan

Menyinggung program kegiatan desa, dikatakannya, dana desa sangat berarti bagi desa di Kecamatan Sungai Loban baik infra struktur maupun berupa program ekonomi kerakyatan.

Adapun kegiatan yang tidak bisa diusulkan dari dana desa, namun sudah dibuatkan skala prioritas untuk diusulkan dari sumber lain.

Terkait program kampung KB di Banyu Hidup Desa Sungai Loban, Samsir berkomitmen akan terus mengusulkan secara bersama-sama terutama infra struktur jalan.

Sementara mengenai isu yang sedang ramai di media yakni kejadian air keruh di Sungai Sebamban, Samsir menjelaskan, bahwa penanganan sementara untuk penyediaan air bersih setiap perusahaan akan memberikan 5 tandon dan didistribusikan ke desa, namun ini hanya bersifat sementara.

“Di Kecamatan Sungai Loban pada musim kemarau terkendala air bersih, harapannya PDAM bisa masuk seperti yang sudah ada di Desa Sari Utama”, pinta Samsir.

Baca Juga ==>Dewan Usulkan bangun SPBU di Tiap Kecamatan

Isu perkebunan juga menjadi penyampaian dalam musrenbang, saat ini harga sawit sekitar Rp1.100 per kg, bahkan sawit petani sempat menyentuh harga dibawah Rp1.000 sedangkan harga normal Rp1.500. Untuk kebun karet harga lump per kg dibawah Rp9.000, sedangkan harga normal Rp10.000. Bila harga ini terus menerus tidak stabil dikhawatirkan akan mengganggu perekonomian masyarakat sehingga rawan muncul pengangguran.

Selain itu Samsir juga menyinggung kondisi Lapangan Wijaya Kusuma Kecamatan yang kondisinya masih belum layak, ini juga menjadi skala prioritas perbaikan, sudah tiga kali diusulkan termasuk lampu penerangan di lapangan.

Perbaikan Kantor Kecamatan Sungai Loban dalam rangka peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat dimana kondisi ruangan yang sudah tidak representatif, sempit dan terbatas, perlu tempat penyimpanan berkas dan lainnya.

Semoga menjadi perhatian daerah untuk pembangunan Kantor Kecamatan Sungai Loban, apalagi legalitas lahan lokasi kantor sudah jelas kepemilikannya dan sudah bersertifikat, paparnya.

Diakhir sambutan, Ia berharap musrenbang bisa berintegrasi antar stake holder (pengambil kebijakan) karena disini ada perwakilan perusahaan, unsur daerah, unsur muspika, unsur desa, maupun unsur sekolah.

Baca Juga ==>Dewan Usulkan bangun SPBU di Tiap Kecamatan

Kepala Bappeda, Rahmadi, menyebutkan beberapa hal terkait musrenbang, dari semua item yang disampaikan oleh Camat Sungai Loban, bisa bersifat top down, namun pihaknya mengatakan sementara hari ini fokus untuk mengakomodir DU RKPDes, dengan mempertimbangkan 3 unsur yakni disanding dengan hasil reses anggota DPRD, usulan prioritas tahun lalu yang belum realisasi, dan arah kebijakan daerah.

Dikatakan Rahmadi, tiga unsur ini akan menentukan kategori utama sebuah usulan untuk diakomodir.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD, Nahrul Fajeri, menyebutkan terkait Aspek kewenangan, usulan yang disampaikan hari ini yakni berdasarkan kewenangan kabupaten / provinsi atau setingkat lebih tinggi misalnya yang bisa didanai DAK serta usulan yang disampaikan ke dinas terkait, sedangkan usulan kewenangan desa tidak dibahas sekarang karena bisa didanai dari dana desa.

Selanjutnya musyawarah dimoderasi oleh Bappeda melalui sesi dialog antara kepala desa dari 17 desa se Kecamatan Sungai Loban, langsung dengan kepala dinas atau perwakilan dinas didasarkan pada Daftar Usulan RKPDes 2020.

Penulis:syahriadi
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=6]

Pos terkait